Koarmabar – Kolinlamil akan Pindah ke Lampung

Rapat Pemprov Lampung dan TNI AL, bahas perpindahan Koarmabar, Kolinlamil, Divisi I Marinir (foto: Puspen TNI AL)

Bandar Lampung – Asisten Bidang Pemerintahan Lampung, Tauhidi menerima Tim dari Mabes TNI AL di Kantor Gubenur, untuk membahas Rencana Pemindahan Koarmabar (Komando Armada Angkatan Barat), Kolinlamil (Komando Lintas Laut Militer) dan Divisi I Marinir ke Provinsi Lampung.

Asisten Logistik Pangarmabar Kolonel Puguh Santoso yang juga bertugas sebagai Kepala Tim Survey Pemindahan Koarmabar, Kolinlamil dan Divis I Marinir dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung yang telah memfasilitasi rencana pemindahan atas fasilitas TNI ini ke Provinsi Lampung.

Ke depan, lanjut dia, perlu adanya kegiatan yang mendalam dari kedua pihak antara Pemerintah Provinsi dan TNI AL dalam mendukung visi pemerintah, yang mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, yang sudah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Rencana Pemindahan Koarmabar, Kolinlamil dan Divisi I Marinir ke Provinsi Lampung ini dimaksudkan untuk mewujudkan Koarmabar, Kolinlamil menjadi satu kesatuan utuh terpadu dalam pengendalian operasional dengan dan antar satuan operasional dalam menjaga NKRI.

Rencana pemindahan Koarmabar, Kolinlamil dan Divisi I Marinir sudah dipersiapkan secara matang oleh Mabes TNI AL sejak tahun 2005. Pemilihan Provinsi Lampung dengan pertimbangan Lampung memiliki lahan yang ideal sebagai pangkalan militer baik dari aspek operasional, intelijen, logistik, perencanaan dan pembinaan personel.

“Pada dasarnya Pemerintah Lampung sangat mendukung program-program relokasi Koarmabar, Kolinlamil, Lantamal III dan pengembangan Brigif 3 Marinir menjadi Div 1 Marinir,” ujar Asisten I Bidang Pemerintahan Tauhidi, Senin, 9 Februari 2015

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung ini juga menyampaikan bahwa peran Angkatan Laut dan Marinir di Provinsi Lampung sangat tinggi khususnya dalam membantu mengatasi gangguan keamanan, konflik sosial, pembinaan nelayan dan pembangunan lainnya. (Saibumi.com)