KRI Koarmada 1 Pantau Pergerakan Nimitz Strike Group

Selat Malaka, JakartaGreater  –  Kehadiran Kapal Perang Indonesia, KRI di seluruh perairan Yurisdiksi Nasional Indonesia terutama dialur-alur strategis seperti Selat Malaka dilaksanakan secara konsisten oleh pasukan TNI.

Interaksi antara Koarmada I TNI AL dengan Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) TNI AU terjalin saat munculnya Konvoi Kapal Perang US Navy, yang berada di perairan internasional Timur Sumatera, terdiri dari 3 kapal yaitu :

  1. USS Princeton (CG-59).
  2. USS Nimitz (CVN-68).
  3. USS Sterett (DDG-104).

Pergerakan dan aktivitasnya dipantau secara terus menerus oleh Puskodal Guskamla Koamada I dan ditindaklanjuti pemantauan oleh KRI yang sedang melaksanakan operasi di Selat Malaka dan operasi pengamanan perbatasan Indonesia-Singapura di Selat Singapur BKO Guskamla Koarmada I, sesuai instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dirilis Penerangan Koarmada I, Jumat 5-2-2021.

Unsur KRI yang terlibat antara lain KRI Todak-631, KRI Halasan-630, KRI Krait-827, KRI Pari-849 dan KRI Sikuda-863, serta Pesawat Udara Patmar Cassa P-8203 saat melintas disepanjang Selat Malaka.

Sekitar pukul 08.45 WIB tanggal 5 Februari 2021 terpantau melintas di Perairan Tanjung Medang Pulau Rupat, Konvoi Kapal Perang US Navy sedang melaksanakan Hak Lintas Transit di Selat Malaka.

KRI Koarmada 1 Pantau Pergerakan Nimitz Strike Group di Selat Malaka, 5/2/2021. (@Koarmada 1)

“Kehadiran KRI di perairan yurisdiksi nasional pada setiap sektor operasinya adalah kegiatan yang secara terus menerus dilaksanakan oleh TNI AL. Khusunya di wilayah kerja Koarmada I ini sebagai bukti dalam mengamankan kepentingan nasional, menegakkan hukum dan kedaulatan RI,” ujar Pangkoarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid K.

Pada akhir pelaksanan Passing dengan Konvoi Kapal Perang US Navy dilaksanakan komunikasi menggunakan flash light, disampaikan pesan “BON Voyage” sebagai bentuk diplomasi Angkatan Laut saat konvoi kapal tersebut berada di perairan yurisdiksi nasional Indonesia.

Sementara itu, Danguskamla Koarmada I Laksma TNI Yayan Sofiyan memantau langsung setiap dinamika daerah operasi wilayah kerja Koarmada I dari Kapal Markas Guskamla Koarmada I KRI Halasan-630 dari perairan Tanjung Balai Asahan Selat Malaka.

Nimitz Strike Group

Formasi umum dari Nimitz Carrier Strike Group, terdiri dari kapal induk USS Nimitz (CVN 68), kapal penjelajah rudal kelas Ticonderoga USS Princeton (CG 59) dan kapal perusak rudal kelas Arleigh Burke USS Sterett (DDG 104) serta USS Ralph Johnson (DDG 114).

Nimitz Carrier Strike Group saat ini dikerahkan ke Samudra Hindia untuk mendukung Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Nimitz Carrier Strike Group atau disebut juga Carrier Strike Group 11 (CSG-11 or CARSTRKGRU 11) adalah grup serang kapal induk Angkatan Laut AS. Kelompok serang kapal induk ini bertugas mendapatkan dan mempertahankan kendali laut serta memproyeksikan kekuatan udara angkatan laut ke darat.

doc. The Nimitz Carrier Strike Group: USS Nimitz (CVN 68), Ticonderoga-class guided missile cruiser USS Princeton (CG 59) and Arleigh Burke-class guided missile destroyers USS Sterett (DDG 104) dan USS Ralph Johnson (DDG 114), bersama Indian Navy ships Rana, Sahyadri, Shivalik and Kamorta, di Indian Ocean, 20/6/2020. (Photo by Mass Communication Specialist 2nd Class Donald R. White, Jr.)

Kapal induk Nimitz adalah andalan kelompok penyerang ini. Unit lain yang saat ini ditugaskan ke grup tersebut termasuk kapal penjelajah Lake Erie dan Princeton, dan Destroyer Squadron 9.

Nimitz Carrier Strike Group bagian dari U.S. Third Fleet.

Antara tahun 2006 dan 2013, Nimitz Carrier Strike Group ini melakukan empat penyebaran ke Armada Kelima AS yang beroperasi di Teluk Persia dan Laut Arab Utara, serta penyebaran bergelombang ke Armada Ketujuh AS di Samudra Pasifik barat.

Satu pemikiran pada “KRI Koarmada 1 Pantau Pergerakan Nimitz Strike Group”

Tinggalkan komentar