Insiden Aero India 2015

Sayap salah satu pesawat, menabrak sayap pesawat lain dalam Aero India 2015 (photo:Photo: Bhagya Prakash K)

Tim aerobatik dari Republik Ceko mengalami kecelakaan saat melakukan pertunjukan di pangkalan Angkatan Udara di Yelahanka, Bengaluru, India, pada Kamis sore. Satu pesawat menabrak sayap pesawat lain di Aero India 2015 namun dua pilot dari Flying Bulls yang bertabrakan berhasil meloloskan diri tanpa cedera.

Tim aerobatik dari Republik Ceko terdiri dari empat pesawat saat pertunjukkan berlangsung. Dalam salah satu manuver, sayap salah satu pesawat menghantam sayap lainnya. Pesawat yang terkena, mengalami kerusakan hampir hingga ke kokpit.

Pesawat yang sayapnya robek, diterbangkan oleh Radka Machova 66 tahun, lead pilot dari Flying Bulls. Karena kecelakaan itu, pertunjukan udara dihentikan sejenak tapi setelah setengah jam tertunda, pertunjukkan dilanjutkan kembali.

Menurut pernyataan resmi dari Menteri Pertahanan, kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 15:00. Pesawat mendarat dengan segera dan semua orang aman. Karena beberapa benda logam mungkin jatuh karena tabrakan, landasan pacu diperiksa dan dibersihkan. Hal ini menyebabkan setengah jam penundaan. Prosedur investigasi yang diperlukan sedang dilakukan.

Pejabat Departemen Pertahanan mengatakan, kecil kemungkinan tim Flying Bulls untuk tampil lagi di sisa acara Aero India2015. Tim Flying Bulls rencananya melakukan aksi mereka sampai 22 Februari 2015. (thehindu.com).