Enigma 8×8, Trend IFV Masa Depan

IFV Enigma 8x8 Uni Emirat Arab (janes.com)
IFV Enigma 8×8 Uni Emirat Arab (janes.com)

Kndaraan Tempur Infanteri yang diberinama Enigma 8×8 diluncurkan secara resmi oleh Emirates Defense Technology (EDT) pada Pameran Alat Pertahanan IDEX 2015 di Abu Dhabi dan telah dikonfirmasi oleh IHS Jane.

Mohamed bin Jabr al-Suwaidi, selaku CEO dari EDT, mengatakan kendaraan ini dikembangkan secara khusus untuk Angkatan Darat Uni Emirat Arab (UEA). Kendaraan yang ditampilkan di IDEX ini dilengkapi dengan turret dari BMP-3 tracked IFV yang saat ini digunakan Angkatan Darat UEA.

“Musim panas mendatang UEA akan melakukan tes lebih lanjut kendaraan baru ini”, tegas Suwaid. “Kami akan fokus mengujinya pada iklim panas dan pergerakan Engima di gurun.”

Didukung oleh mesin diesel Caterpillar C13 menghasilkan 711 hp, Enigma akan memiliki berat tempur 28 ton. IFV ini menggunakan sistem suspensi Timoney Technology yang menyediakan mobilitas cross country tingkat tinggi dan dirancang untuk mudah diganti jika rusak oleh ranjau atau alat peledak IED.

Lambung IFV enigma berbentuk V terbuat dari all-welded armour dan dapat dilengkapi dengan applique armor untuk tingkat perlindungan yang lebih tinggi.

EDT mengatakan desain modular kendaraan ini dapat dilengkapi dengan berbagai senjata. Sebuah model yang ditampilkan di IDEX menunjukkan Enigma membawa howitzer ringan BAE Systems 155 mm M777.

Enigma 8x8
Enigma 8×8

Pilihan lain yang bisa menggunakan turret Rheinmetall 35 mm Skyranger air-defence dan UralVagonZavod 37 mm AU220M remote turret.

Dalam perannya sebagai IFV, Enigma mampu membawa delapan prajurit dan tiga awak dan IFV ini sepenuhnya amfibi.

Komentar
Kemunculan IFX 8×8 Enigma memberikan tekanan bagi perusahaan lain dalam kompetisi yang telah berlangsung sejak 2007, ketika pertama kali ditampilkan Patria 8×8 yang dilengkapi turret BMP-3. Para pesaing utama lainnya adalah VBCI dari Nexter.

Fakta bahwa Enigma di IDEX diresmikan oleh Jenderal Sheikh Mohammed bin Zayed al Nahyan-, putra mahkota Abu Dhabi dan wakil komandan tertinggi militer UEA, menunjukkan kendaraan tempur ini memiliki dukungan politik tingkat tinggi. (Janes.com).

Sharing

Tinggalkan komentar