Kartal Class, Kapal Cepat Torpedo Angkatan Laut Turki

Kartal class kapal serang cepat torpedo. Foto: Frank Behrends
Kartal class kapal serang cepat torpedo. Foto: Frank Behrends

Kartal class adalah kapal serang cepat (FAC) tertua dari Angkatan Laut Turki (Turk Deniz Kuvvetleri). Desain kapal berasal dari Zobel class (Type 142) kapal torpedo yang dirancang dan dibangun oleh Lurssen untuk Angkatan Laut Jerman di awal tahun 60-an.

Sembilan Kartal class dibangun di Jerman oleh Lurssen dan mereka ditugaskan selama periode 1968-1970. Kartal class berbobot penuh sekitar 200tons, panjang 42.5m dan lebar 7.1m dan memiliki kecepatan maksimum 42knots dengan jangkauan maksimum sekitar 900km. Rangka dan suprastruktur kapal terbuat dari logam ringan, papan kayu dan aluminium.

Kapal memiliki persenjataan yang mengesankan untuk ukurannya tetapi umur kapal sudah tua dan akan segera digantikan oleh seri baru yang sedang dikembangkan. Dari sembilan kapal, satu (P-325 Meltem) hilang dalam tabrakan dengan kapal latih Rusia Smolnyy Khasan pada tanggal 25 September 1985, sedangkan empat yang lebih tua (P-321 Denizkusu, P-322 Atmaka, P-323 Sahin dan P-324 Kartal) telah pensiun pada 2013-2014. Sedangkan yang masih bertugas adalah kapal P-326 Pelikan, P-327 Albatros, P-328 Simsek dan P-329 Kasirga.

P362 Pelikan dengan dua peluncur rudal Penguin terbaru

P362 Pelikan dengan dua peluncur rudal Penguin terbaru

Awalnya kapal dipersenjatai dengan empat torpedo G-7A (533mm) dan dua cannon Breda 40mm dengan jangkauan efektif sekitar 2.5-3km.

Angkatan Laut Turki telah menggantikan torpedo G-7A tua dengan torpedo yang lebih modern Atlas SST-04/03 Seal yang memiliki jangkauan maksimum sekitar 37km dengan kecepatan 23 knots dan sekitar 10km dengan kecepatan maksimum 35knots. Torpedo berhulu ledak 250kg.

Pada tahun 1971 Turki membeli sekitar 60-65 rudal AGM-119 Penguin Mk 1 SSM dan diinstal pada kapal dengan empat peluncur untuk setiap kapal menggantikan dua tabung torpedo di buritan. Rudal Penguin Mk2 mungkin telah ditingkatkan dengan penjejak baru, prosesor dan motor ke generasi terbaru karena kapal serang ini sekarang hanya membawa dua peluncur.

Rudal Penguin saat ditembakkan
Rudal Penguin saat ditembakkan

Rudal Penguin adalah rudal anti kapal fire and forget segala cuaca dengan sistem navigasi inersia yang sangat akurat yang mengintegrasikan IR pasif pencari beresolusi tinggi dalam pelacakan target. Rudal memiliki jangkauan sekitar 34km dengan kecepatan subsonik (Mach 0,8) dan berhulu ledak 120kg.

Penguin terbang dekat permukaan air menuju sasaran dan kebal dengan sistem pengecoh dan jamming lawan. Rudal juga dirancang agar mencapai target di permukaan air dengan menembus sudut bawah. Mekanisme ledakan tertunda memastikan rudal meledak di bawah permukaan air, sehingga menciptakan kerusakan maksimum dari target. Dengan kombinasi dari penargetan rahasia, jalur penerbangan pasif dan manuver rudal membuat Penguin menjadi senjata yang sangat efektif terhadap kapal perang permukaan lawan.

Kartal class dilengkapi dua peralatan navigasi elektronik Decca 1226 dan radar surveillance Telegon 8 EW system dan HAGENUK TFCS. Kapal mungkin juga telah dilengkapi dengan Penguin Fire Control System 2 (PFC 2).

Sumber : Navalanalyses

Pengirim : Pecinta Wanita JKGR Biro Jepara

Sharing

Tinggalkan komentar