China Kerahkan Jet Tempur usai 4 Warganya Dibom Myanmar


China mengerahkan beberapa pesawat jet tempur setelah pesawat Myanmar membom empat warga China. Foto: Reuters.

BEIJING – China mengerahkan beberapa pesawat jet tempur ke wilayah perbatasan China dan Myanmar. Aksi militer China ini sebagai respons setelah pesawat Mynmar menjatuhkan bom ke wilayah China yang menewaskan empat orang.

Bom yang menewaskan empat warga China dan melukai sembilan orang lainnya itu dijatuhkan pesawat Myanmar di wilayah Kota Lincang, Provinsi Yunan, dekat perbatasan Myanmar, pada Jumat kemarin.

Myanmar berdalih serangan itu ditujukan terhadap kelompok separatis Kokang Myanmar. “Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China mengerahkan beberapa pesawat jet tempur untuk melacak, memantau, memperingatkan dan mengusir pesawat militer Myanmar yang terbang di dekat China,” kata juru bicara Angkatan Udara China, Shen Jinke,seperti dikutip Xinhua, Sabtu (14/3/2015).

Wakil Menteri Luar Negeri China, Liu Zhenmin, telah memanggil Duta Besar Myanmar untuk Beijing, Thit Linn Ohn, pada Jumat malam untuk memprotes kematian empat warga China akibat bom pesawat Myanmar.

Liu mendesak Myanmar untuk menyelidiki kasus ini.”Dan mengambil tindakan segera dan efektif untuk mencegah terulangnya insiden tersebut,” tulis Xinhua, mengacu pada pernyataan Liu.

Dia juga meminta pemerintah Myanmar untuk menjaga keamanan dan stabilitas di wilayah perbatasan antara China dan Myanmar. China sebelumnya juga protes karena serangan militer Myanmar terhadap separatis Kokang menegnai rumah warga China di Yunnan. (sindonews.com)