India Siapkan $ 25 miliar untuk Pesawat Tempur Siluman Rusia-India

India siap untuk menginvestasikan $25 miliar dalam pembangunan bersama pesawat tempur generasi kelima Rusia-India (Fifth Generation Fighter Aircraft, FGFA) dan berencana untuk membeli 127 diantaranya, lapor TASS dengan mengacu pada Times of India dan Departemen Pertahanan India.

Sejauh ini masa depan proyek FGFA nampak jelas setelah pelaksanaan kontrak pertama ditandatangani pada bulan Desember 2010 untuk pengembangan desain rinci jet tempur siluman senilai $259 juta.

Saat ini Kementerian Pertahanan sedang mencoba untuk mempercepat pengembangan pesawat tempur Rusia-India, menurut sebuah sumber yang bisa dipercaya mengungkapkan bahwa ini dapat dihubungkan dengan kemungkinan kegagalan negosiasi pengiriman 126 jet tempur Rafale (diproduksi oleh Dassault) untuk angkatan udara India.

Ia percaya bahwa,“ New Delhi bersedia untuk mempercepat pengembangan FGFA dan menempatkan pesawat tempur siluman pertamanya masuk ke dalam jajaran angkatan udaranya dalam satu setengah tahun bukan 94 bulan seperti yang awalnya direncanakan.

Dalam hal ini akhirnya pihak India tidak bersikeras memaksakan perakitan semua jet siluman itu di perusahaan Hindustan Aeronautics Limited (HAL) dan pihak India setuju untuk mengoperasikan jet tempur versi kursi tunggal seperti milik Rusia untuk menurunkan biaya proyek dan mempercepat peluncuran pesawat tempur produksi massal, “tambah sumber itu.

Sumber : Engineerinng Rusia

Pengirim : Pecinta Wanita JKGR Biro Jepara