IFV Puma Jerman Beraksi April 2015

Latihan Angkatan Darat Jerman yang akan melibatkan kendaraan tempur generasi baru IFV Puma dijadwalkan akan dimulai pada April 2015. Menurut informasi yang diberikan kepada Defence24.com oleh juru bicara Kementerian Pertahanan Jerman, pelatihan yang melibatkan unit Bundeswehr dengan penggunaan IFV Puma akan dimulai sesuai rencana pada bulan April tahun ini. Program uji untuk kendaraan tempur tersebut sudah dilakukan sebelumnya.

Jerman akan memperkenalkan IFV Puma untuk menggantikan IFV Marder yang sudah usang. Kelak 350 Puma akan digunakan oleh unit yang merupakan bagian dari pasukan reaksi cepat NATO dari 400 yang telah direncanakan.

Produksi pertama Puma telah diterima oleh Angkatan Bersenjata Jerman pada tahun 2010. Namun saat ini kendaraan itu tidak digunakan oleh unit garis depan. Varian baru dari Puma akan dipersenjatai dengan meriam 30 mm, peluncur rudal Spike ATGW (Mells) dan senapan mesin. Namun menurut Kementerian Pertahanan Jerman sistem ATGM baru untuk kendaraan lapis baja belum mencapai status siap tempur hingga 2018.

Sumber : green def

Pengirim : Pecinta Wanita JKGR Biro Jepara