Myanmar Beli Jet Tempur JF-17 Thunder

JF-17 Thunder (photo : Weimeng)
JF-17 Thunder (photo : Weimeng)

Meskipun empat warga sipil China tewas oleh bom yang dijatuhkan jet tempur MiG-29 Angkatan Udara Myanmar, sumber dari Kementerian Pertahanan Pakistan mengatakan kontrak penjualan jet tempur multirole JF-17 Thunder, telah ditandatangani oleh Islamabad. Jet tempur ini dikenal juga sebagai FC -1 Xiaolong, yang dikembangkan bersama oleh Chengdu Aircraft Industry Group dan Pakistan Aeronautical Complex, ujar laporan Islamabad Capital Television pada 18 Maret.

Laporan itu mengatakan berbagai negara termasuk Nigeria, Bangladesh, Tajikistan dan Myanmar telah menunjukkan minat yang besar dalam pembelian pesawat tempur dari Pakistan karena harganya yang jauh lebih murah daripada jet tempur lain dari kelas yang sama seperti F-16 dan Eurofighter. Myanmar menunjukkan minat untuk pesawat tempur ini pada bulan Juni 2014, menurut Myanmar Times.

Myanmar juga ingin membangun lini produksi dengan bantuan China dan Pakistan agar bisa membangun pesawat tempur untuk dirinya sendiri. Berkat kerjasama sebelumnya dengan China, Myanmar sudah memiliki pengalaman dalam memproduksi pesawat China seperti jet tempur J-7 atau penyerang Q-5.

Pembelian Thunder belum dikonfirmasi oleh pejabat pemerintah di Mayamar. Pakistan sedang berusaha keras untuk menjual pesawat tempur ke pasar luar negeri, tetapi belum ada negara yang disebutkan di atas yang telah membuat keputusan. (WantChinaTimes)

Sharing

Tinggalkan komentar