Pesawat EA-18G Growler RAAF

image

California – Northrop Grumman Corporation telah menyelesaikan dan mengirimkan ke Boeing, unit pertama dari 12 modul (center fuselage shipsets pesawat serang elektronik (electronic attack aircraft) EA-18G Growler yang dipesan Angkatan Udara Australia (RAAF) 27/3/2015.

Komponen perang elektronik dibangun di bagian belakang pesawat, ekor vertikal kembar dan semua subsistem yang terkait. Ini adalah shipset (modul) Growler yang ke 115 yang diproduksi oleh Northrop Grumman dan yang pertama diproduksi untuk pelanggan internasional.

“Saya yakin Growler memberikan platform serangan udara elektronik yang paling serbaguna dan efektif di dunia”, ujar RAAF Direktur Jenderal Perencanaan RAAF, Marsekal Michael Kitcher.

Dalam paket Growler pertama ini, Northrop Grumman juga menyerahkan 100 shipsets untuk pesawat F/A-18 Hornet Australia, termasuk 24 F/A-18 Super Hornets. Northrop Grumman adalah subkontraktor utama Boeing untuk pesawat F/A-18 Super Hornet dan turunannya Growler.

image

“Tonggak penting ini membawa kita satu langkah lebih dekat ke Australia menjadi negara pertama selain Amerika Serikat yang menerima kemampuan serangan unik udara elektronik,” kata Dan Gillian, wakil presiden Boeing program F/A-18 dan EA-18G. “Boeing berharap merayakan peluncuran pertama RAAF Growler musim panas ini.”

EA-18G Growler merupakan turunan dari pesawat US Navy yang combat proven, F/A-18F Super Hornet kursi ganda. Misi utamanya adalah untuk mendeteksi, mengidentifikasi dan mengganggu radar pertahanan udara musuh dan sistem komunikasi terkait. (Northrop Grumman).

Sharing

Tinggalkan komentar