Dan Rusia pun Ajari Vietnam Membuat Rudal

Personil Missile Institute memperkenalkan block tipe 9P516 SAM Igla (photo : KienThuc)

Staf ahli dari Missile Institute of Science and Technology Military, Vietnam, berhasil merancang blok elektronik jenis 9P516. Rangkaian elektronik ini merupakan komponen utama dari struktur peluncur rudal Igla 9P516, bagian pelepasan dan penembakan rudal dalam pertempuran.

Menurut Kolonel Do Tuan Cuong, Kepala Teknis Aplikasi rudal, timnya telah menguasai teknologi dan manufaktur elektronik standar teknis luar negeri yang dipindahkan ke pabrik dalam negeri untuk merakit strukturnya secara keseluruhan.

Personil Missile Institute memperkenalkan block tipe 9P516 SAM Igla (photo : KienThuc)

Peneliti telah menyelesaikan dokumentasi desain dan perakitan bahan elektroniknya sesuai dengan kondisi teknisi dan keterampilan pekerja Vietnam.

Berdasarkan teknologi yang digunakan, para ilmuwan juga mempelajari perbaikan (improvements) dari blok elektronik tipe 9P516. Hasilnya, 2/4 blok papan elektronik telah diterjemahkan sepenuhnya (dihasilkan dari bahan dan komponen dalam negeri), diuji kemampuan dan bekerja dengan baik sesuai dengan tabel struktur peluncur; 2 tabel lainnya sedang dipelajari di bawah arahan negara asing, dan perkembangan hasilnya memuaskan.

Pembelajaran desain Igla, suksesnya fabrikasi blok elektronik tipe 9P516, menjadi langkah yang signifikan bagi Vietnam, untuk membantu menguasai teknologinya, membuat sumber bahan dan komponen, mengurangi ketergantungan pada ahli asing, memberikan kontribusi untuk meningkatkan kualitas jaminan teknis dan kemampuan militer Vietnam. (KienThuc).