Kim Jong Un Datang ke Bandung ?

Kim Jong Un
Kim Jong Un

Bandung – Kapolda Jawa Barat Irjen Moch Iriawan menyatakan sekitar 90 persen Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akan hadir dalam Peringatan Konferensi Asia Afrika ke-60 mendatang. Untuk pengamanannya, diberlakukan sama dengan kepala negara lainnya.

“90 persen Korut konfirmasi datang, RRC juga akan hadir,” ujar Iriawan saat temu dengan pimpinan media di Jabar, di Hotel Bali Wolrd, Jalan Soekarno Hatta, Senin (30/3/2015).

Iriawan menyatakan kehadiran Kim Jong-un merupakan sebuah penghormatan karena artinya Korut menganggap Indonesia, khususnya Bandung aman. “Pimpinan Korut tidak pernah keluar sarang, berarti kalau datang ke sini, mereka anggap Indonesia aman,” ujarnya.

Karena itu, ia meminta semua pihak ikut menyukseskan pengamanan acara peringatan KAA nanti. “Sukses tidaknya acara nanti letaknya di keamanan. Misal saat iring-iringan dari Husein, di jalan ada tabrakan, demo atau gangguan lainnya, itu pasti berpengaruh terhadap kesuksesan acara,” tandasnya.

Menurut Kapolda, rencananya para pimpinan negara Asia Afrika akan datang ke Bandung Jumat pagi, 24 April, menggunakan pesawat dan jalur darat. Mereka akan langsung menuju Hotel Savoy Homann dan berjalan kaki menuju Gedung Merdeka. Setelah itu, bagi pimpinan negara yang beragama Islam melaksanakan Salat Jumat di Masjid Raya Bandung dan makan siang di Gedung Pakuan, rumah dinas Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Sementara itu Dir Intel Polda Jabar Kombes Pol Sumadi menyatakan tidak ada permintaan pengamanan khusus dari Korut. “Untuk Korut, keamanan dikedepankan. Pemimpin korut kan pertama kali keluar sarang. Tapi semua kepala negara lainnya juga diprioritaskan,” tandas Sumadi. (Detik.com).

0 Shares

Tinggalkan komentar