Ujicoba Pesawat Transport XC-2 Jepang

Pesawat transport XC-2 Jepang, ujicoba taxi di salju

Kawasaki XC-2 merupakan pesawat angkut militer canggih yang dirancang dan diproduksi oleh Kawasaki Heavy Industries (KHI), Jepang. Pesawat ini cocok untuk militer serta transportasi komersial. Pesawat XC-2 terus dikembangkan untuk memenuhi persyaratan dari Angkatan Udara Bela Diri Jepang (JASDF).

XC-2 berasal dari pesawat angkut C-1 Kawasaki dan rencana awal akan diproduksi sebanyak 40 unit. Kawasaki telah membangun dua prototipe dari XC-2. Penerbangan perdana prototipe pertama dilakukan di Kakamigahara, Prefektur Gifu pada Januari 2010. Prototipe itu kemudian disampaikan ke JASDF di Maret 2010.

Prototipe kedua menyelesaikan penerbangan perdananya Januari 2011 dan disampaikan ke JASDF di Maret 2011.

Pesawat ini dapat mengangkut pasukan, drop persediaan dan melakukan evakuasi medis siang dan malam hari, bahkan di lingkungan yang bermusuhan. XC-2 dirancang untuk lepas landas dan mendarat di landasan pacu pendek seperti rumput, salju dan lumpur.

Dengan panjang 43.9m, lebar 44.4m dan 14.2m tinggi, pesawat XC-2 memiliki desain sepasang sayap yang tinggi. Pesawat ini memiliki sebuah dek penerbangan bertekanan, kargo dan loading ramp belakang, yang dapat membuka dalam penerbangan.

Pesawat XC-2 memiliki stabilizer horisontal, alat bantu anti-tabrakan ringan dan unit kontrol perseneling. Pesawat ini dapat membawa 20 kontainer jenis A-22 atau delapan palet 463L dalam kompartemen kargo.

Integrasi teknologi yang canggih membuat XC-2 unggul untuk jarak terbang yang lebih jauh, payload yang lebih berat dan kompartemen kargo luas dibandingkan pesawat C-1.

Avionik suite yang dipasang di XC-2 meliputi sistem manajemen penerbangan taktis, dan memiliki fitur pengisian bahan bakar serta sistem penglihatan malam. Pesawat ini juga dilengkapi dengan sistem bongkar muat otomatis untuk penanganan kargo.

XC-2 didukung oleh dua mesin GE CF6-80C2K1F dirancang dan diproduksi oleh General Electric Aviation. Setiap mesin dapat menghasilkan daya dorong maksimal 266kN. XC-2 dapat terbang dengan kecepatan maksimum 890km / jam di ketinggian 12,200 meter dengan jarak tempuh hingga 10.000 km.