T-50 Produksi Massal Mulai 2016

Rusia mulai produksi massal fighter generasi kelima T-50 (PAK FA) pada tahun 2016, ujar Wakil Menteri Pertahanan Rusia Yuri Borisov, Senin 30/3/2015.

“Kami memiliki rencana untuk mengirimkan seri pertama jet tempur generasi kelima tahun depan,” ujar berita Sputnik mengutip Borisov. Wakil Menteri Pertahanan sedang melakukan kunjungan ke pabrik Komsomolsk-on-Amur di Timur Jauh, Rusia, dimana sedang dikembangkan pesawat tempur PAK-FA. Empat prototipe lainnya tersedia untuk tes tahun ini, Borisov menambahkan.

Angkatan Bersenjata Rusia mulai menerima jet tempur pertama T-50 pada bulan Februari 2016.

T-50 berbeda dengan jet tempur generasi 4 dan 4 ++, dengan hadirnya stasiun radar modern (RLS), yang dapat mendeteksi teknologi pesawat “siluman”. Selain itu, ada Himalaya electronic warfare complex dan gudang senjata presisi, yang juga menjalani serangkaian tes bersama dengan pesawat. Pesawat baru ini tidak terlihat radar musuh: produsen pesawat Sukhoi berhasil secara signifikan mengurangi radar cross section PAK FA – karakteristik dasar yang membuat pesawat tidak terlihat radar. (Sputnik).

Leave a Reply