Kodam Iskandar Muda Dapat Kapal Baru untuk Jaga Perairan Aceh

KMC Komando yang diterima Kodam Iskandar Muda. (Agus Setyadi/detikcom)

 

Banda Aceh – Provinsi Aceh yang terletak di ujung paling Barat Indonesia memiliki perairan yang sangat luas dan rentan terhadap penyelundupan narkoba maupun senjata ilegal. Untuk menjaganya, Kodam Iskandar Muda dapat tambahan satu unit kapal yang diberi nama Kapal Motor Cepat (KMC) Komando dari Mabes TNI.

Kapal ini akan digunakan untuk menjaga pertahanan di wilayah perairan Aceh. KMC Komando dengan panjang 17,60 meter, lebar struktur 4,20 meter dan tinggi 2,15 meter tersebut mampu menempuh jarak sejauh 250 nautical miles dengan kecepatan maksimal 25 knot. Selain itu, kapal ini juga mampu bermanuver hingga 180 derajat dan mampu berhenti secara mendadak.

Pada Selasa (31/3/2015), KMC Komando unjuk gigi saat menggelar demonstrasi di pantai Ulee Lheue, Banda Aceh. Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Agus Kriswanto, Ketua DPR Aceh, dan Sekda Aceh ikut naik ke kapal untuk merasakan manuver kapal tersebut.

“Kapal ini sangat membantu untuk menjaga perairan Aceh yang luas,” kata Pangdam kepada wartawan,

KMC Komando ini selain digunakan untuk logistik juga dapat dipakai untuk alat transportasi pergeseran pasukan ke wilayah tujuan. Menurut Pangdam, kapal tersebut memiliki sejumlah kelebihan di antaranya dapat beroperasi di daerah rawa, pantai dan laut.

“Dengan adanya kapal ini semoga semakin terjaga kedaulatan laut Indonesia,” ungkap Pangdam. (detikNews)