Penggantian Air Search Radar Frigate ANZAC Class

HMAS Perth (frigat ANZAC class) dengan radar CEAFAR (Foto: Aus DoD)

Pemerintah Australia menyetujui proyek SEA 1448 Tahap 4B, untuk penggantian air search radar frigate ANZAC class yang sudah tua.

Radar merupakan bagian integral dari sebuah kapal perang modern yang penting untuk memastikan keselamatan kapal dan kapal teman lainnya di daerah berbahaya.

Radar frigate ANZAC class sudah tua dan membutuhkan pengganti dengan teknologi modern untuk mempertahankan kemampuan lini depan yang kuat yang dapat diberikan oleh kapal-kapal tersebut.

Selain penggantian radar, akan ada upgrade alat Identifikasi kawan atau lawan (IFF) untuk memenuhi persyaratan pelayaran militer masa depan dan kebutuhan Civil Secondary Surveillance Radar aviation.

Proyek ini bermaksud menggantikan penuaan radar onboard frigat ANZAC class dengan radar yang lebih powerfull, terintegrasi dengan IFF, yang sedang dikembangkan oleh CEA Teknologi di Canberra.

CEA adalah sebuah perusahaan Australia yang diakui secara internasional karena sukses mengembangkan radar pertahanan anti rudal kapal permukaan ‘CEAFAR’ yang saat ini sedang diinstal pada frigat ANZAC.

Radar baru ini memiliki jangkauan jarak jauh. Jarak jangkauan radar CEA diharapkan memberikan peringatan yang lebih awal bagi ancaman potensial dan kesadaran situasional yang lebih besar untuk kapal dan tugas kelompok. Dua radar berbagi prinsip desain yang sama akan memberikan keuntungan yang signifikan bagi kemampuan kapal.

Pemerintah akan mempertimbangkan langkah-langkah berikutnya untuk proyek kedua yang direncanakan untuk tahun 2016-17. (Aus DoD)