Sekilas Kapal Mistral-Class Rusia

mistral

mistral-2

mistral-3

mistral-4

mistral-5

mistral-6

mistral-7

mistral-8

mistral-9

mistral-10

mistral-11

mistral-12

Tahun 1997, galangan kapal DCNS Perancis mengkaji rancang bangun kapal angkut amfibi berkemampuan multi-platform untuk memperbaiki doktrin operasi amfibi AL Prancis.

Kajian itu banyak merombak doktrin operasi amfibi AL Prancis untuk menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi sekarang. Perubahan itu didefinisikan dalam konsep bernama Doktrin Concept National des Opérations Amphibies CNOA / “Konsep Operasi Amfibi Nasional”.

Konsep baru peperangan amfibi dan perwujudannya dalam rancang bangun kapal Mistral, diharapkan mampu meningkatkan kemampuan operasi amfibi AL Perancis.

Kapal amfibi Mistral class dirancang untuk melakukan misi serangan amfibi, kapal komando dan pengarah serangan. Kapal Mistral lebih dikenal sebagai kapal induk helikopter, karena mampu mengangkut 16 helikopter atau pesawat tempur berkemampuan VTOL, empat kapal pendarat pasukan, 40 tank MBT dan 450 prajurit.

Selain itu, di kapal Mistral terdapat fasilitas rumah sakit dengan 69 bangsal perawatan dan 2 ruang bedah dan memenuhi syarat standar NATO Response Force dan UN Peace Keeping Force.

Pada tahun 2011 Rusia memesan 2 kapal Mistral class ke Prancis dengan nilai kontrak USD 1,5 miliar. Angkatan Laut Rusia dijadwalkan menerima kapal pertama pada November 2014. Namun, Presiden Prancis Francois Hollande menahan pengiriman karena dituding terlibat dalam yang terjadi di Ukraina. (Y Martadi)

Sharing

Tinggalkan komentar