35 WNI Tenggelam di Semenanjung Chukotka, Rusia

31
75
Semenanjung Chukotka Rusia, © ITAR-TASS/Viktor Klyushkin
Semenanjung Chukotka Rusia, © ITAR-TASS/Viktor Klyushkin

Pencarian awak kapal pukat Oryong 501 Korea Selatan yang tenggelam di laut lepas, timur semenanjung Chukotka Rusia terus dilakukan sepanjang malam meskipun kegelapan dan badai menerjang.

Keputusan itu diambil oleh kapten kapal pukat Karolina-77 Rusia yang membawahi kelompok kapal pencari pukat tersebut, ujar Kepala Departemen penyelamatan maritim Petropavlovsk-Kamchatsky, Rusia, Artur Rets kepada TASS.

“Diputuskan untuk melanjutkan pencarian ketika kita berpikir masih ada peluang untuk menemukan awak yang hidup,” katanya, seraya menambahkan bahwa suhu air di daerah reruntuhan kapal sekitar nol derajat.

Empat kapal penangkap ikan Rusia, yaitu Karolina-77, Zaliv Zabiyaka, Pelageal dan Astronom mencari para pelaut yang hilang. Kapal ini menunda memancing mereka untuk operasi pencarian dan penyelamatan yang mendesak.

image

Kecepatan angin mencapai 25-27 meter per detik dan tinggi gelombang 5-6 meter di daerah kecelakaan, 100 mil laut dari Tanjung Navarin, Chukotka di selatan teluk Anadyr.

Menurut laporan awal, pukat Oryong 501 yang terdaftar di pelabuhan Kota Pusan Korea Selatan, ??memberitahu terjadi kebocoran saat menarik jaring trawl dan mulai tenggelam dengan cepat. Enam puluh dua awak kapal berada di air dingin. Mereka adalah warga negara-negara Asia, termasuk Korea Selatan, Filipina dan Indonesia, serta inspektur Rusia. Dia dan enam pelaut diselamatkan. Salah satu pelaut meninggal karena terkena hipertermia, sementara nasib 54 lainnya tidak jelas.
Trawler Oryong 501 dengan bobot 1.753 ton milik perusahaan perikanan Korea Selatan Sajo Industri.

© ITAR-TASS/Viktor Klyushkin

31 KOMENTAR

  1. Inilah kerasnya kehidupan.., menghidupi dan memberikan pendidikan yg terbaik untuk anak hrs ditempuh dgn memberanikan diri antara hidup dan mati.
    Memperjuangkan hidup anak istri sampai ke lautan luas yg ganas dan ekstrim cuacanya., sebuah semangat yg perlu dicontoh.
    Tidak perduli sdg sehat atau sakit, tetap berlayar demi masa depan.
    Kisah yg menginspirasi bg semuanya.

    Bagi anak muda, imbangilah pengorbanan org tua dgn berbakti pd mrk krn sebenarnya mrk orgtua yg penuh cinta kasih pd anaknya.., doakanlah org tua agar sehat selalu.., doakan agar mrk lancar dan selalu dilindungiNya saat mencari nafkah..

    Sudahkah anda mendoakan org tua anda hari ini??

    • Beruntung saya pernah merasakan profesi yang digeluti bapak saya meski hanya dua bulan. Saya paham bagaimana berat perjuangan bapak untuk menafkahi keluarga.

      Ya Allah Ampunilah dosa kedua orang tuaku dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku diwaktu kecil. Amiin

      Saya pernah menjadi tukang cetak paving block, jadi tukang pemasangnya, pernah menjadi tukang cat median jalan, pernah menjadi tukang pembuat taman, pernah menjadi buruh pengecoran logam. Itu adalah profesi-profesi kasar dengan upah tidak seberapa.
      Makanya kadang saya jijik dengan komentar orang berduit atau orang yang belum bisa mencari duit yang menggampangkan efek kenaikan BBM.

  2. Bung admin…
    Kenapa sekarang 2 ini di jkgr jadi forum hujat menghujat dan saling hina? Saya lama jadi pembaca jkgr jadi prihatin. Sungguh jkgr berbeda jauh dari sebelumnya.
    Forum diskusi berubah jadi forum barbar saling hina bahkan dengan kata2 kotor.
    Saya rindu jkgr yg dulu…yang murni membahas alutsista…dan membangkitkan nasionalisme positif bukan dengan saling ejek.
    Saya rindu info para sesepuh yang saya yakin sudah tidak mau komen disini jika terus seperti ini. Mohon bung admin melakukan sesuatu

  3. Buat info warga JKGR:
    Hutang Kerajaan Malaysia hingga Desember 2014 sebesar RM. 763.150 Bilion.
    Dalam kajian yang dibuat oleh Cuepacs baru-baru ini, Datuk Azih Muda sebagai Presiden Cuepacs (Kongres Kesatuan Pekerja-Pekerja Di Dalam Perkhidmatan Awam) menyatakan:
    “Terdapat tanda-tanda yang mana bilangan dan jumlah gelandangan di Malaysia akan bertambah pada masa akan datang dan kumpulan tersebut bakal datang daripada kalangan 1.4 juta kaki tangan awam di Malaysia”.
    Maksudnya 1.4 juta PNS di Malaysia berpotensi jadi gelandangan, sungguh menyedihkan sekali.