Rusia Siap Bangun Pembangkit Energi Nuklir Malaysia

Deputi Direktur Perusahaan Nuklir Rosatom, Kirill Komarov mengatakan Rusia siap memasukkan tawaran untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir pertama di Malaysia.

image
(Photo: Alexandr Kryazhev)

Tokyo – Rusia siap memasukkan tawaran pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir pertama di Malaysia, jika Malaysia mengumumkannya, ujar Deputi Direktur perusahaan nuklir Rosatom Rusia, Kirill Komarov, hari Senin kemarin (13/04/2015).

Komarov mengatakan Rusia siap berpartisipasi dalam tender meskipun fakta bahwa Moskow dan Kuala Lumpur belum memiliki perjanjian energi nuklir.

Moskow dapat menawarkan kerjasama dalam membangun reaktor nuklir ke negara-negara yang memiliki rencana pengembangan energi nuklir, seperti Malaysia, Indonesia, Thailand dan Vietnam, kata Komarov.

Reaktor Rusia memenuhi semua persyaratan prosedur keselamatan nuklir terbaru yang diperkenalkan setelah bencana tahun 2011 di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima di Jepang.

Awal bulan April, Kepala Perusahaan Nuklir Rosatom, Sergei Kiriyenko, mengatakan Rusia akan terus membangun pembangkit listrik tenaga nuklir bagi negara-negara lain meskipun ada tantangan situasi ekonomi saat ini. Kesepakatan terbaru dari perusahaan telah menandatangani kontrak senilai $ 10 miliar dengan Yordania pada 24 Maret 2015 untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklir pertama negara itu. (SputnikNews).

Sharing

Tinggalkan komentar