KPK-ESDM Selamatkan Tata Kelola Sumber Daya Alam

KOMITMEN KEMENTERIAN ESDM: ANTARA FOTO/Fanny Octavianus

 

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ternyata sudah lama bekerja sama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terkait pemberantasan korupsi. Kerja sama ini diharapkan memberi stimulus untuk meningkatkan kinerja lebih baik lagi.

“KPK sudah cukup lama bekerja sama dengan kementerian ESDM. Dan kerja sama ini kita lanjutkan lebih strategis lagi,” kata Wakil Pimpinan KPK, Zulkarnaen, saat konferensi pers usai acara Launching Komitmen Pengendalian Grafitifikasi dan Whistleblowing System Online Kementerian ESDM, di Lobby Gedung Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (13/3/2015).

Ia mengatakan akan memfokuskan pada penyelamatan tata kelola sumber daya alam (SDA) di Indonesia. “Termasuk kehutanan, pertambangan, dan kelautan, juga perhatian revenew penerimaan negara” ujar dia.

Melalui beberapa kajian yang dilakukan, dia mengatakan akan melakukan rencana dan aksi yang jelas. “Untuk itu, harus diketahui roadmapnya karena akan memberikan perhatian yang keterkaitan dengan kehutanan, pertambangan, juga kelautan. Itulah yang harusnya media diajak. Melalui keterbukaannya dan partisipasi langsung masyarakat,” jelas dia.

Acara penandatangan Komitmen Pengendalian Grafitifikasi dan Launching Whistleblowing System Online ini dihadiri oleh Bapak Pimpinan Komisi VII DPR RI, Kardaya Warnika, Wakil Pimpinan KPK, Zulkarnaen, pimpinan BPK, pimpinan BPKP, Wakil vendor penyedia barang jasa, pejabat eselon I dan II Kementerian ESDM. Ditjen Migas, Ditjen Ketenagalistrikan, Ditjen Minerba, Ditjen EBTKE, SKK Migas, Perwakikan dari Pertamina. (metrotvnews.com)