KRI Bung Tomo Ikuti Exercise AMAN-21 di Pakistan

JakartaGreater  – TNI Angkatan Laut menugaskan KRI Bung Tomo-357 (KRI TOM-357) untuk mengikuti Latihan Bersama Multinational Exercise AMAN-21 yang dibuka di Karachi, Pakistan, Jumat, 12-2-2021.

Dalam Latihan Multinasional ini, KRI Bung Tomo dipimpin oleh Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Excercise AMAN-21, Kolonel Laut (P) Sirilus Arif Susbintoro, S.E. dan Komandan KRI Bung Tomo-357 Kolonel Laut (P) Rizky Prayudi, dirilis Pen Koarmada 1, Jumat, 12-2-2021.

Kepala Staf Angkatan Laut Pakistan Laksamana Amjad Khan Niazi dalam pembukaan Latihan Excercise AMAN-21 mengatakan, latihan maritim multinasional AMAN-21 yang diselenggarakan Angkatan Laut Pakistan, diikuti 47 Negara dan akan berlangsung hingga 16 Februari.

KRI Bung Tomo Ikuti Exercise AMAN-21 di Pakistan

Exercise AMAN-21 melibatkan negara AS, Rusia, Inggris dan negara-negara lain dari Eropa, Asia Tengah, Timur Tengah, Afrika Timur, Asia Selatan dan Asia Tenggara termasuk Indonesia yang mengirimkan KRI TOM-357.

Dansatgas Kolonel Laut (P) Sirilus Arif mengatakan bahwa “Dengan slogan “Together for Peace”/Bersama untuk Perdamaian, Latihan Bersama AMAN 21 resmi dibuka Jumat ppukul 10.00 waktu setempat.

Latihan multinasional ini memiliki 2 fase latihan yakni harbour phase pada tahap perencanaan dan sea phase sebagai tahap manoeuvre.

Kegiatan harbour phase akan mencakup seminar, diskusi, demonstrasi, dan pertemuan internasional.

KRI Bung Tomo-357 Ikuti Exercise AMAN-21 di Pakistan

Sementara sea phase akan mendemonstrasikan manuver taktis tentang anti-pembajakan, kontraterorisme, penembakan senjata, serta misi pencarian dan penyelamatan.

Salah satu ciri dari sea phase adalah International Fleet Review, yang dilaksanakan inspeksi oleh pejabat nasional dan asing dari salah satu kapal AL Pakistan.

TNI AL mengerahkan KRI Bung Tomo dengan 100 Personel termasuk 9 Orang Kadet AAL dalam event dua tahunan Multinational Exercise AMAN-21 / Latihan Bersama (Latma) Multinasional AMAN-21 ke-7 yang diselenggarakan oleh Angkatan Laut Pakistan.

KRI Bung Tomo-357 Ikuti Exercise AMAN-21 di Pakistan

Secara terpisah, Pangkoarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid K mengatakan latihan ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap perdamaian dan stabilitas regional, kesamaan pemikiran dalam melawan terorisme pada domain maritim, kolaborasi untuk menjaga stabilitas maritim yang aman dan berkelanjutan, serta yang terpenting meningkatkan interoperabilitas antara angkatan laut regional dan ekstra-regional.

KRI Bung Tomo-357 yang merupakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) MRLF Class jajaran Satkor Koarmada I dilepas di Jakarta International Container Terminal II (JICT) pada Jumat, 29/01/2021 untuk mengikuti Multinational Exercise AMAN-21 yang diselenggarakan oleh Angkatan Laut Pakistan.