Sukhoi 27/30 dan Fregat TNI Latihan Kerja Sama Taktis

Pesawat tempur Sukhoi 27/30 TNI AU dan fregat KRI I Gusti Ngurah Rai (GNR)-332 TNI AL latihan bersama di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II.

Surabaya, Tentara Nasional Indonesia, TNI AL dan TNI AU melakukan latihan kerja sama taktis di perairan ALKI II (ALKI II meliputi lintasan Laut Sulawesi, Selat Makassar, Laut Flores, Selat Lombok) pada Rabu, 10-2-2021.

Dalam latihan ini TNI AL yang mengerahkan KRI I Gusti Ngurah Rai (GNR)-332 yang sedang melaksanakan operasi perbatasan RI-Malaysia “GARDA PAUS-21” di bawah kendali operasi Gugus tempur laut (Guspurla) Koarmada II.

Kapal perang fregat Indonesia ini bersinergi dengan 2 pesawat tempur Sukhoi 27/30 TNI AU dari skadron 11 Makassar, dirilis Dinas Penerangan Koarmada II, Senin, 15-2-2021.

Sukhoi 27/30 dan Fregat TNI Latihan Kerja Sama Taktis

Satuan dari kedua matra ini melaksanakan berbagai macam materi latihan, diantaranya latihan peperangan anti udara oleh KRI GNR-332 dan simulasi serangan langsung berupa penembakan dari udara oleh pesawat tempur Sukhoi 27/30.

Kerja sama taktis di Perairan ALKI II ini dipantau langsung oleh Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo yang onboard di KRI GNR-332.

Menurut Laksma Rahmat kegiatan ini merupakan bentuk keseriusan TNI dalam upaya menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI khususnya di ALKI II.

“Kegiatan ini bertujuan agar terjalin kerja sama yang baik secara taktis antara dua matra dalam rangka melaksanakan Operasi Gabungan TNI untuk menjaga kedaulatan NKRI. Latihan ini juga tindak lanjut dari arahan Pangkoarmda II Laksda TNI I N.G. Sudhihartawan, “ ujarnya.

Sukhoi 27/30 dan Fregat TNI Latihan Kerja Sama Taktis

Dalam kesempatan yang sama Komandan KRI GNR-332 Kolonel Laut (P) S. Bimo Aji menjelaskan latihan ini sebagai bentuk profesionalisme prajurit KRI GNR-332 maupun awak sukhoi 27/30 skadron 11 dalam melaksanakan Joint Operation.

TNI AL saat ini sedang membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul serta pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan Operasi yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi. Peran ini merupakan program prioritas dari Kasal Laksamana TNI Yudo Margono.

Sharing

Tinggalkan komentar