Satu Prajurit TNI Gugur Ditembak KKSB di Papua

IMG 20210215 WA0026 e1613403863456

Papua – Seorang prajurit TNI Gugur di Papua setelah ditembak oleh Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) pada Senin, 15-2-2021 di Pos peninjauan, di Kampung Mamba, Distrik Sugapa.

Korban merupakan anggota Satgas Yonif R 400/BR Kodam IV/Diponegoro atas nama Prada Ginanjar Arianda.

Penembakan terjadi pada pukul 08.23 WIT dan mengenai pinggang yang tembus ke perut korban.

Korban langsung dievakuasi dengan menggunakan Helikopter ke Timika dan dinyatakan meninggal dunia saat evakuasi, kurang lebih pukul 09.23 WIT.

Usai penembakan itu, pembersihan oleh Tim TNI dan ditemukan 1 butir munisi dan 1 kelongsong 5.56 mm.

Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Kapen Kogabwilhan III) Kolonel Czi IGN Suriastawa, dalam sambungan teleponnya membenarkan kejadian tersebut.

“Saat ini masih dilaksanakan pengejaran oleh Tim yang ada di lapangan,” ujar Kolonel Czi IGN Suriastawa, dirilis Puspen TNI, Senin, 15-2-2021.

Kolonel Czi IGN Suriastawa mengatakan Prada Ginanjar Arianda yang berusia 22 tahun merupakan anggota Satgas Yonif R 400/BR, asal satuan Yonif 406 Brigif 4 d ibawah Kodam IV/Diponegoro.

“Korban akan segera dievakuasi dan dimakamkan di kampung halamannya Desa Mekarsari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat,” ujar Kolonel Czi IGN Suriastawa.

“Pimpinan dan Keluarga Besar TNI mengucapkan bela sungkawa atas gugurnya putra terbaik TNI di medan tugas demi membela Bangsa dan Negara,” ujar Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa.

Peristiwa penembakan ini merupakan tindakan yang menyebar teror yang kesekian kalinya dilakukan oleh Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Papua.

Korban Sebelumnya

Pada Jumat tanggal 12-2-2021, seorang Prajurit TNI yang diperbantukan di Kodim Persiapan Intan Jaya, yakni Praka Hendra Sipayung, ditembak gerombolan Bersenjata di Kampung Mampa, Distrik Sugapa, Intan Jaya, Papua.

Kejadian bermula saat prajurit berkunjung ke sebuah kios yang tak lama kemudian, datang 4 orang tak dikenal menggunakan 2 motor dan pura-pura belanja di warung. Salah seorang dari 4 orang itu mengeluarkan senjata dan langsung menembak ke arah Praka Hendra Sipayung.

Korban yang terluka kemudian dievakuasi ke Timika lewat udara, untuk mendapatkan perawatan.

1 thought on “Satu Prajurit TNI Gugur Ditembak KKSB di Papua”

Leave a Reply