Ini Peran Helikopter Panther dalam Urusan SAR Laut

JakartaGreater   –  Pasukan TNI AL menerjunkan alutsista KRI I Gusti Ngurah Rai (GNR-332) beserta helikopter Panther 4211 untuk melaksanakan Latihan Bersama penanggulangan kecelakaan laut pada Senin 15-2-2021 di perairan Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur.

KRI I Gusti Ngurah Rai yang berada di bawah kendali operasi Guspurla Koarmada II, bersama Lanal Balikpapan dan Badan SAR Nasional (Basarnas) Kota Balikpapan, melaksanakan latihan terpadu, dirilis Pen Koarmada II.

Latihan Search And Rescue (SAR) INI disaksikan dan dimonitor langsung oleh Komandan Guspurla Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo dari geladak KRI GNR-332 yang melibatkan:

  1. KRI GNR-332.
  2. Helikopter Panther HS 4211.
  3. Patkamla Lamaru Lanal Balikpapan.
  4. RHIB Basarnas.
  5. Datu kapal nelayan sebagai bulsi.

Dalam keterangannya Laksma Rahmat Eko mengatakan, Kegiatan ini sebagai bentuk interoperability dan sinergitas dengan instansi setempat juga untuk menjaga profesionalisme prajurit KRI dan Lanal.

Latihan ino sebagai tindak lanjut perintah Pangkoarmada II Laksda I N.G. Sudhihartawan agar tiap KRI yang beroperasi selalu mengadakan latihan, yang mana hal ini selaras dengan instruksi Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam bidang pengembangan SDM TNI AL yang unggul.

Pada kesempatan yang sama Komandan KRI GNR-332 Kolonel Laut (P) Suwarji Bimo Aji menerangkan dalam latihan ini disimulasikan telah terjadi kecelakaan kapal nelayan saat melakukan aktivitas diteluk Balikpapan mengakibatkan jatuh 3 korban nelayan.

Selanjutnya dilaksanakan SAR oleh Helikopter Panther 4211 yang bekerja sama dengan RHIB KRI GNR-332.

Setelah korban berhasil ditemukan selanjutnya korban dievakuasi untuk untuk mendapatkan pertolongan dan diserahkan ke Basarnas untuk dilakukan pertolongan lebih lanjut.