Indonesia Targetkan Akusisi F-15EX dan Rafale di 2021-2024

JakartaGreater – TNI AU mulai tahun 2021 hingga tahun 2024 akan mengakusisi alutsista modern secara bertahap. Beberapa diantara alutsista tersebut adalah pesawat tempur multirole F-15EX, Dassault Rafale, Radar GCI4, Pesawat berkemampuan Airborne Early Warning, Pesawat tanker, yakni Multi Role Tanker Transport, Pesawat angkut C-130 J, UCAV berkemampuan MALE dan berbagai alutsista lainnya.

Hal ini disampaikan Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal TNI Fajar Prasetyo dalam pidato sambutannya di Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AU 2021 di Markas Besar TNI AU, Cilangkap, Jakarta, Kamis, 18/2/2021.

Selain itu KSAU menjelaskan TNI AU akan melaksanakan modernisasi pesawat tempur yang pelaksanaanya dimulai pada tahun ini. Marsekal TNI Fajar Prasetyo menegaskan bahwa penambahan alutsista ini ditujukan untuk peningkatan kemampuan secara signifikan.

“Yang menjadi tugas kita sebagai prajurit TNI AU adalah memastikan terjaganya kesiapan operasional matra udara, melalui pembinaan kemampuan personel serta pemeliharaan dan perawatan alutsista, agar terus berada pada level tertinggi,” ujar KSAU.

KSAU mengakui rencana pengadaan alutsista sempat mengalami beberapa kali perubahan karena disesuaikan dengan berbagai kondisi global serta kemampuan negara.

“Meskipun kita memiliki pedoman Postur, Renstra, maupun MEF, namun dalam pelaksanaannya sangat bergantung sekali pada berbagai faktor dan kondisi yang terus berubah secara dinamis,” ujar Marsekal TNI Fajar Prasetyo, dikutip dari Anadolu Agency, Kamis, 18/2/2021.

Dassault Rafale (@ U.S. Navy / Petty Officer 2nd Class Rafael Figueroa-Medina )

Semua pihak, mulai dari Kementerian Pertahanan hingga TNI Angkatan Udara telah berdiskusi dan mengkaji demi menemukan terobosan dan solusi.

“Hal tersebut, semata-mata untuk memudahkan langkah kita dalam mendapatkan alutsista terbaik yang memenuhi operational requirement, aspek commonality, mendapatkan Transfer of Technology, serta sesuai dengan kemampuan negara dan kondisi TNI Angkatan Udara, ujar KSAU

Dalam dokumen Rapat Pimpinan TNI 2021 yang diterima Anadoly Agency, Indonesia rencananya akan membeli 36 unit pesawat Rafale dan 8 unit pesawat F-15 EX. Untuk F-15 EX diharapkan bisa tiba sebanyak 6 unit sebelum tahun 2022.

*Foto: F-15E Strike Eagle (U.S. Air Force /Tech. Sgt. Matthew Plew)