Biar “Kebal” Tank Leopard 2 Jerman akan Dilengkapi APS Trophy Rafael

JakartaGreater – Perusahaan Pertahanan Rafael Israel mengumumkan Selasa, 23/2/2021 bahwa Kementerian Pertahanan Jerman telah memutuskan untuk melengkapi pasukan tank Leopard 2 militer Jerman dengan sistem perlindungan aktif Trophy (APS) Rafael.

Menyusul keputusan yang dibuat oleh badan pengadaan pertahanan Jerman BAAINBw dan disetujui oleh parlemen federal, perusahaan Rafael dianugerahi kontrak untuk batch awal penyediaan sistem Trophy, untuk tank Leopard berupa peralatan, penyediaan sistem, pencegat, dan suku cadang, serta pelatihan operasional dan teknis. Trophy Active Protection System (APS) akan dikirimkan selama beberapa tahun ke depan, kata Rafael, dikutip Israeldefense.co.il, 23/2/2021.

Diharapkan Jerman akan mendapatkan sistem Trophy tambahan untuk melengkapi sebagian besar armada tank Leopard 2 modernnya dengan kemampuan APS.

Dikembangkan oleh Rafael sebagai tanggapan atas serangan anti-lapis bajal, Trophy APS memberikan perlindungan yang terbukti dalam pertempuran terhadap ancaman roket dan rudal dan secara bersamaan menemukan asal mula tembakan musuh untuk ditanggapi dengan segera.

Sistem Trophy, satu-satunya APS yang terintegrasi penuh, terbukti dalam medan tempur di dunia, telah dipasang pada tank IDF Merkava sejak 2010, serta pada APC Namer.

Trophy telah membuat banyak intersepsi tempur tanpa cedera pada kru atau pasukan atau kerusakan platform sejak intersepsi operasional pertamanya pada tahun 2011.

Trophy APS telah memperoleh lebih dari 1.000.000 jam operasi, termasuk 5.400 uji lapangan yang berhasil, dan sekarang di bawah kontrak untuk produksi serial lebih dari 1.800 sistem, menurut Rafael.

Tank Abrams AS dilengkapi Trophy APS

Pada bulan Januari, Rafael dan mitra DRS mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan pengiriman Trophy APS yang dipesan oleh Angkatan Darat AS untuk dipasang pada tank tempur utama Abrams, di bawah kontrak yang diberikan atas dasar kebutuhan mendesak oleh Kantor Eksekutif Program Angkatan Darat untuk Sistem Pertempuran Darat.

Ran Gozali, EVP Rafael dan Kepala Divisi Darat dan Angkatan Laut, mengatakan “Jerman bergabung dengan kelompok eksklusif negara-negara tingkat 1 yang telah memilih Trophy APS untuk melindungi pasukan dan aset mereka dari ancaman perang anti-lapis baja yang terus meningkat.

Kami berterima kasih kepada pemerintah Jerman karena telah bergabung dengan negara pengguna lain dan atas kepercayaan mereka pada sistem dan pengalaman kami, dan kami berharap dapat bekerja sama dengan KMW dalam integrasi dan pemasangan Trophy pada Leopard 2 dan pada platform masa depan.

Pelindungan Trophy

Trophy merupakan sistem perlindungan aktif militer (APS) yang dirancang untuk melindungi kendaraan tempur dari ATGM, RPG, roket anti-tank, dan tembakan amunisi HEAT dari tank lawan.

Sejumlah kecil proyektil yang terbentuk di badan kendaraan yang dilindungi secara eksplosif akan menghancurkan ancaman yang masuk sebelum mengenai kendaraan tersebut.

Tujuan utamanya adalah untuk melengkapi lapis baja kendaraan tempur lapis baja ringan dan berat. Dikembangkan oleh Rafael Advanced Defense Systems, Israel saat ini menerjunkan lebih dari 1.000 sistem ke semua platform tempur darat utama Israel (Merkava Mark 3 & 4 dan Namer APC), serta US Abrams M1A1/2, dan diuji pada APC Stryker dan Bradley AFVs.

Trophy melindungi dari berbagai macam ancaman anti-tank, dan juga memaksimalkan kemampuan kendaraan untuk mengidentifikasi lokasi musuh bagi kru dan formasi tempur, sehingga memberikan kemampuan bertahan dan manuver yang lebih besar di semua medan pertempuran.

*Foto: Tank Leopard 2 Denmark latihan di Jerman (@ U.S. Army photo by Visual Information Specialist Markus Rauchenberger)

Sharing

Tinggalkan komentar