Excalibur Army dan PT RDI Produksi Peluncur Roket Vampir RM-70

JakartaGreater – Kontrak antara Excalibur Army dan PT Republik Defensindo (PT. RDI) untuk produksi bersama peluncur roket Vampir RM-70 122 mm pada sasis Tatra, ditandatangani pada 22-2-2021 di stan CZECHOSLOVAK GROUP (CSG), pada pameran industri pertahanan di IDEX 2021, Abu Dhabi, UEA.

Perjanjian ini menciptakan potensi untuk pesanan ekspor dan kerja sama dalam nilai puluhan juta dolar AS. Produksi dilakukan di Indonesia dengan transfer teknologi yang diperlukan.

Produksi peluncur roket dengan sasis 4×4, 6×6 dan 8×8 dilakukan di Batam dan pengiriman ke angkatan bersenjata Indonesia akan dimulai pada tahun 2021, dikutip dari situs Czdefence.cz., 24-2-2021.

Pada tahun 2016, Excalibur Army mengirimkan baterai pertama peluncur roket Vampir RM-70 ke Indonesia, termasuk kendaraan pendukung dan komando khusus, yang diproduksi dan dirakit bekerja sama dengan perusahaan Ceko dan Slovakia.

Excalibur Army juga memberikan pelatihan dan edukasi untuk kru dan peluncur roket. Selain itu, Excalibur Army dan mitranya telah mengirimkan kendaraan amfibi jembatan atau kendaraan lapis baja Pandur II 8×8 ke Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

MLRS Vampir RM-70

Republik Ceko baru baru ini memperkenalkan upgrade terhadap sistem roket artileri RM-70 yang sangat populer, dengan varian baru yang diberi nama Vampir RM-70. Sistem roket artileri Ini dikembangkan oleh perusahaan Excalibur Army dan variannya telah diekspor ke sejumlah negara, antara lain: Azerbaijan dan Indonesia.

Peran utama sistem roket artileri ini adalah untuk menyerang target area, seperti konsentrasi pasukan dan kendaraan lapis baja, baterai artileri, dan target lainnya. RM-70 Vampir memiliki 40 tabung peluncuran untuk roket 122 mm. Roket HE-FRAG standar memiliki panjang 2,87 m dan berat 66,35 kg. Berat hulu ledaknya 18,4 kg. Jarak tembak maksimum adalah 20 km.

RM-70 menembakkan roket produksi Ceko, namun juga kompatibel dengan semua roket standar 122, yang dikembangkan untuk sistem roket artileri Grad Soviet.

Roket dengan berbagai hulu ledak tersedia, termasuk pembakar, asap, hulu ledak iluminasi. Juga ada hulu ledak cluster dengan submunisi anti-tank atau anti-personel, serta hulu ledak khusus. Pengembang mengklaim bahwa salvo penuh dari 40 roket meliputi area hingga 70 hektar.

RM-70 Vampir didasarkan pada sasis truk mobilitas tinggi Tatra T815-7, didukung oleh mesin diesel T3C-928 berpendingin udara Tatra, untuk mengembangkan kecepatan pada 360 atau 400 hp.

RM-70 Vampir memiliki unit reload integral dan membawa satu set lengkap roket reload. Sistem reload serupa hadir pada RM-70 asli. Diperlukan waktu sekitar 2 menit untuk memuat ulang semua 40 tabung peluncuran, dikutip dari Military-today.com.

Sistem pemuatan ulang integral ini secara signifikan meningkatkan daya tembak kendaraan, karena kendaraan peluncur Vampir RM-70 tunggal dapat dengan cepat meluncurkan dua salvo. Tabung peluncuran juga dapat diisi ulang secara manual oleh kru dalam waktu sekitar 7 menit. Reload biasanya dilakukan dari jarak jauh dari posisi menembak, untuk menghindari serangan balik baterai.

Varian RM-70

RM-70 M1 merupakan versi dengan kabin lapis baja yang memberikan perlindungan bagi kru dari tembakan senjata kecil dan serpihan peluru artileri. Kabinnya juga memiliki sistem perlindungan NBC. Sistem artileri ini telah diekspor ke Azerbaijan. Sementara RM-70 Vampir 4D adalah versi dengan kabin 4 pintu tanpa lapis baja yang berbeda.

Perusahaan Excalibur Army

Perusahaan Excalibur Army milik merupakan produsen dan penjual kendaraan militer berat, suku cadang, senjata, amunisi, dan peralatan militer lainnya di Ceko, di bawah perusahaan induk CZECHOSLOVAK GROUP.

Excalibur Army berfokus pada pengembangan, produksi kendaraan modern, layanan, perbaikan dan modernisasi, termasuk peningkatan besar, terutama peralatan militer darat.

*Foto: Sistem roket Vampir RM-70>(@Excalibur Army).

Sharing

Tinggalkan komentar