Presiden Xin Jinping Hadiri Peringatan Konferensi Asia Afrika

Presiden China Xi Jinping (photo: Reuters)

Jakarta – Presiden China Xi Jinping dijadwalkan menghadiri peringatan 60 tahun Konferensi Asia-Afrika (KAA). Xi Jinping datang ke Indonesia dengan pesawat jet di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

“Tiba di Halim tanggal 21 April menggunakan Boeing 747-400 private jet,” ujar Imran, Airport Duty Manager Bandara Halim Perdanakusuma kepada detikcom, Minggu (19/4/2015).

Selain Xi Jinping, Presiden Angola akan tiba di Bandara Halim pada tanggal 20 April dengan menggunakan jet pribadi. “Selebihnya akan tiba di Soekarno-Hatta pada tanggal 19-25 yaitu Kongo, Liberia dan Tanzania,” sambung Imran.

Dia memastikan Bandara Halim sudah siap dengan kedatangan para tamu negara peserta KAA di Jakarta dan Bandung. Rencananya penerbangan komersial di bandara ini ditiadakan pada 24 April mendatang.

“Tanggal 24 April tidak akan ada jadwal penerbangan komersil karena untuk menerima tamu kepala negara delegasi KAA,” sambung Imran.

Sebelumnya Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Presiden Joko Widodo akan mengajak Presiden China Xi Jinping menempuh perjalanan darat dari Jakarta menuju Bandung.

Perjalanan darat itu akan ditempuh pada malam hari. Selain Xi Jinping, Kepala Negara Brunei Darussalam juga akan menempuh perjalanan darat.

“Presiden akan pakai mobil malam hari dengan Presiden Cina. Dan kalau saya tidak keliru, ada Brunei juga,” kata Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (17/4/2015). (Detik.com).