Tank Armata T-14 Mampu Deteksi Target Tanpa Libatkan Kru

JakartaGreater – Rusia menyiapkan gebrakan baru di dunia militer khususnya pembuatan alutsista yang handal. Pada tahun 2022, Rusia akan meluncurkan serial tank generasi terbaru, T-14 Armata, yang disebut-sebut tidak ada bandingannya. Dengan modul tempurnya tanpa awak dan sepenuhnya dikendalikan dari jarak jauh, awaknya tank ini dapat tetap terisolasi dari bagian bahan bakar dan amunisi, yang berarti kemampuan bertahan hidup meningkat.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah pembuatan tank, tank T-14 Armata Rusia dapat menemukan dan memilih target di medan perang tanpa partisipasi awak, ungkap sebuah sumber di kompleks militer Rusia kepada Sputniknews.com, Rabu, 24/2/2021.

Kemampuan tank T-14 tersebut berhasil diuji selama pelatihan militer. Namun demikian, keputusan untuk menghantam target yang dipilih, masih tetap bergantung kepada manusia.

“Sistem kendali tembakan (FCS) Armata memiliki katalog digital dengan tanda jejak khas dari target di medan perang, termasuk tank, APM, helikopter, dan lain-lain. Elemen kecerdasan buatan memungkinkan fasilitas komputasi onboard dari mesin untuk secara independen mencari target [. ..] dan mengenali mereka, […] untuk melakukan seleksi prioritas dan melakukan pengawalan “, sumber militer tersebut mengatakan kepada Sputnik, menguraikan bahwa tidak ada analog dalam peralatan militer asing dengan sistem pengendalian tembakan Armata.

Tank Armata T-14 (@ Vitalykuzmin – commons.wikimedia)

Satu latihan militer dilakukan dengan menggunakan model matematika dan tata letak target semi alami, termasuk gambar kontras foto dan peniru termal.

“Selain itu, pengujian dilakukan di tempat pembuktian, di mana kendaraan lapis baja Rusia bertindak sebagai objek pencarian Armata. Berdasarkan hasil latihan, keefektifan sistem dipastikan sesuai dengan karakteristik tempur yang dinyatakan”, kata sumber militer.
Untuk mencari dan menangkap target, T-14 menggunakan penglihatan gabungan yang bekerja baik dalam jarak tampak maupun inframerah.

Disebut-sebut sebagai satu-satunya tank pasca-perang generasi ketiga di dunia yang tidak ada bandingannya, Armata memiliki modul tempur yang sepenuhnya dikendalikan dari jarak jauh, sementara awaknya ditempatkan dengan aman dalam kapsul lapis baja yang diisolasi dari bagian bahan bakar dan amunisi. Ini berarti bahwa jika tangki tertabrak, kru kemungkinan besar akan selamat.

Menurut direktur jenderal eksportir senjata negara Rusia Rosoboronexport, Alexander Mikheev, enam negara telah menyatakan minatnya untuk membeli tank T-14 untuk militer mereka.

*Foto: Tank Armata T-14 (@ Dkzeo – commons.wikimedia)

Sharing

2 pemikiran pada “Tank Armata T-14 Mampu Deteksi Target Tanpa Libatkan Kru”

  1. Selama sudah menggunakan sistem auto loader jelas memungkinkan untuk dikendalikan dari jarak jauh… termasuk menempatkan kru di modul yang kushus sehingga menjadikannya lebih manusiawi bagi kru Tank itu sendiri… tidak terbayang rasanya dalam kondisi perang berada dalam ruangan sempit disebelah meriam2…

Tinggalkan komentar