Pangdam Pattimura Baru Disambut Meriah di Ambon

JakartaGreater   –   Pucuk pimpinan Kodam XVI/Pattimura resmi berganti. Setelah serah terima jabatan beberapa waktu lalu di Mabesad, Jakarta, kini Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin, ditunjuk menjadi Pangdam XVI/Pattimura menggantikan Mayjen TNI Agus Rohman yang kini menjabat sebagai Pangkogabwilhan III.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin, sebelumnya adalah menjabat Staf Ahli Bidang SDM dan Teknologi Kemenko Polhukam.

Mayjen TNI Jeffri Apoly Rahawarin merupakan Putra Maluku ke-2 yang menjabat sebagai Pangdam XVI/Pattimura ke 19. Putra Maluku pertama menjabat Pangdam Pattimura XVI/Pattimura adalah Brigjen TNI Max. M. Tamaela sebagai Pangdam Pertama (15 Mei 1999 sampai 26 Juni 2000) dari beralih status Korem 174 PTM menjadi Kodam XVI Pattimura tanggal 15 Mei 1999 di Ambon.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin beserta Istri Ny Arni Sukarni tiba pada Senin 8-3-2021 di Bandara Internasional Pattimura, Ambon dengan menggunakan pesawat komersil, dan disambut dengan tarian Lenso kemudian bertolak menuju Makodam XVI/Pattimura guna melaksanakan Tradisi penyambutan, dirilis  Pedam XVI/Pattimura.
.
Diawali dari pengalungan kain adat khas Maluku dan pemberian bucket bunga cengkeh oleh Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Gabriel Lema beserta istri, Pangdam beserta ibu berjalan menuju Makodam dengan diriingi penampilan Drumband Pela Gandong Kodam XVI/Pattimura.

Setelah menerima hormat jajar dari regu Jaga Kesatrian, Pangdam XVI/Pattimura beserta istri menuju Lobby Makodam yang sebelumnya dipandu dengan Tarian Adat Cakalele.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan Risalah Sertijab dari Mayjen TNI Agus Rohman kepada Pangdam XVI/Pattimura serta Pengukuhan Ibu Raksakarini Sri Sena Kodam XVI/Pattimura.

Kemudian diakhiri dengan kegiatan apel bersama yang diikuti perwakilan para Prajurit baik Satpur dan Banpur serta PNS TNI Kodam XVI/Pattimura.  Rangkaian kegiatan tradisi penyambutan Pangdam Baru tersebut dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.