Pertemuan Xi Jinping dan Shinzo Abe di KAA

Jakarta – Di sela-sela acara Konferensi Asia Afrika (KAA) di JCC, PM Jepang Shinzo Abe bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Usai bertemu Abe berharap hubungan baik kedua negara bisa lebih ditingkatkan.

“Ke depan kita berharap bisa bertemu di berbagai pertemuan internasional, supaya sejukkan dunia dan meningkatkan hubungan,” ujar Abe saat memberi keterangan kepada wartawan di Gedung JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (22/4/2015).

Pertemuan keduanya berlangsung di ruang Merak I, Gedung JCC. Pertemuan itu berlangsung tertutup selama kurang lebih 30 menit.

Pengamanan di luar ruangan juga dilakukan cukup ketat. Tampak pasukan pengawal dari Jepang dan Tiongkok serta dibantu oleh Paspampres Indonesia berjaga di depan pintu dan sekitarnya.

Usai bertemu, Abe dan Jinping keluar tidak bersamaan. Abe yang terlihat mengenakan setelan jas hitam berdasi biru itu keluar lebih dulu tanpa memberikan komentar kepada awak media yang telah menunggu. Beberapa menit kemudian Jinping yang mengenakan setelan jas hitam dan dasi abu-abu itu juga bungkam. Jinping hanya melambaikan tangan kepada para awak media yang memanggilnya. (Detik.com).