Tradisi Fly Navy Solo Flight Siswa Dikpenerbang TNI AL

JakartaGreater – Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut (Dankodikopsla) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan laut (Kodiklatal) Laksma TNI Eko Wahjono, S.E menghadiri Tradisi Fly Navy Solo Flight Siswa Pendidikan Perwira Penerbang (Dikpenerbang) TNI AL Angkatan XXV tahun 2021 yang dilaksanakan di Tower Lama (Museum Juanda) Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Pupenebal) Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat, 19/3/2021.

Acara tradisi Fly Navy Solo Flight yang merupakan suatu khas Penerbangan TNI Angkatan Laut sebagai ungkapan rasa syukur atas keberhasilan para siswa Dikpenerbang angkatan XXV tahun 2021 dalam melaksanakan solo flight ini dipimpin langsung Komandan Puspenerbal Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han.

Selain Danpuspenerbal dan Komandan Kodikopsla tampak hadir dalam acara tersebut para pejabat Utama Puspenerbal dan Kodikopsla diantaranya Wadan Puspenerbal, Ir Puspenerbal, para Direktur Puspenerbal, Dankolat Penerbal, Komandan Wing Udara 2, dan Komandan Lanudal Juanda, serta para Komandan Pusdik dijajaran Kodikopsla, dirilis Pen Kodiklatal.

Danpuspenerbal Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han dalam sambutanya menyampaikan bahwa acara tradisi ini merupakan suatu khas penerbangan TNI Angkatan Laut sebagai ungkapan rasa syukur atas keberhasilan para siswa Dikpenerbang angkatan XXXV dalam melaksanakan solo flight yang menandakan bahwa siswa tersebut sudah layak diterima sebagai keluarga besar penerbang TNI Angkatan Laut, sehingga menimbulkan kebanggaan tersendiri kepada siswa yang telah melaksanakan terbang solo.

Diharapkan kegiatan ini akan menumbuhkan rasa cinta dan peduli kepada penerbangan TNI Angkatan laut yang akan meneruskan dan mengembangkan kepak sayap rajawali laut sebagai pendekar jauhari mengawal dan melindung dirgantara dan samudera Indonesia.

Menurut Danpuspenerbal peran penerbangan TNI Angkatan laut ke depannya diarahkan untuk mampu  mendukung pelaksanaan operasi-operasi yang digelar oleh tni maupun tni angkatan laut.

Untuk itu, berbagai program pembangunan kekuatan alutsista dan pembinaan kemampuan tempur penerbangan tni angkatan laut telah disiapkan sejalan dengan kemajuan teknologi militer guna meningkatkan profesionalisme, mengatasi setiap ancaman dan gangguan serta menjawab tantangan di masa depan sebagai perimbangan kekuatan negara-negara kawasan dalam menjaga keamanan dan wilayah yurisdiksi nasional Indonesia.

Dengan adanya tradisi ini, sebagai bentuk kelahiran kembali para penerbang muda dengan meninggalkan  kekotoran  hidup  masing-masing dan menjadi baru, tentunya akan menjadi pendorong semangat kepak sayap para rajawali laut muda agar semakin termotivasi untuk mampu mengembangkan diri seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dirgantara beserta persenjataannya dengan tetap memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan penerbangan sebagai landasan dalam menjalankan setiap latihan.

Mengakhiri sambutan Danpuspenerbal menyampaikan bahwa melalui navy solo flight ini, para siswa dikpenerbang TNI AL terus  mengepakkan  sayap dalam mengawasi dan mengamankan seluruh wilayah laut Indonesia, demi tegaknya kedaulatan dan keutuhan negara kesatuan republik indonesia.

Tinggalkan komentar