TNI AL Uji Fungsi Amunisi dari Berbagai Kaliber

JakartaGreater  –   Dinas Materiel Senjata dan Elektronika TNI AL (Dissenlekal) melaksanakan Uji Fungsi Amunisi baru-baru ini di Pusat Latihan Tempur Marinir Baluran, Karang Tekok, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, dalam rangka mendukung kesiapan tempur pasukan Marinir.

Dinas Materiel Senjata dan Elektronika TNI AL Uji Fungsi Amunisi. (@ TNI AL)

Kegiatan ini disaksikan langsung Kepala Dinas Materiel Senjata dan Elektronika TNI AL  Laksma TNI Endarto Pantja Irianto, Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan AL  Laksma TNI Agus Karminto, Kepala Dinas Kelaikan Materiil AL Laksma TNI Udyatmiko dan Inspektur Korps Marinir Brigjen TNI (Mar) Lasmono serta sejumlah pejabat terkait.

Dinas Materiel Senjata dan Elektronika TNI AL Uji Fungsi Amunisi. (@ TNI AL)

Amunisi yang diuji fungsikan ini merupakan hasil pengadaan Dinas Materiel Senjata dan Elektronika TNI AL dengan kaliber 30 x 165 mm dan 7,62 x 54 mm PKT serta amunisi 105 mm Illumination dan Smoke, dirilis Situs TNI AL, Senin, 22-3-2021.

blank
Dinas Materiel Senjata dan Elektronika TNI AL Uji Fungsi Amunisi. (@ TNI AL)

Saat diuji fungsikan, dengan hasil :

  1. Amunisi 30mm x 165 dan 7,62mm x 54 PKT ditembakkan melalui tank BMP-3F. Amunisi-amunisi tersebut berhasil mengenai targetnya yang berada sekitar 500 m dari titik penembakan.
  2. Amunisi 105 mm Illumination dan Smoke diluncurkan melalui meriam Howitzer LG-1 MKII kaliber 105mm. Amunisi Illumination menghasilkan cahaya selama lebih kurang 50 detik untuk menerangi area tertentu yang menjadi sasaran penembakan.
  3. Amunisi smoke menghasilkan asap yang berguna sebagai tabir perlindungan pasukan infanteri yang melaksanakan manuver dan tinjauan jatuhnya peluru sebelum amunisi tajam ditembakkan.

Kadissenlekal Laksma TNI Endarto Pantja Irianto mengatakan bahwa :

  1. Berhasilnya uji fungsi ini, maka baik alat peralatan pertahanan (Alpahan) maupun amunisi telah siap digunakan untuk mendukung latihan dan operasional TNI AL khususnya pasukan Marinir.
  2. Kegiatan ini sesuai dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam memodernisasi material tempur menuju kekuatan yang siap dioperasikan.

Sharing

Tinggalkan komentar