KRI Hasan Basri-382 Sambut Kapal Latih Angkatan Laut Spanyol

JakartaGreater –  KRI Hasan Basri (HBS-382) yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Hafidz menyambut kapal latih Angkatan Laut Spanyol Juan Sebastian Elcano  pada Selasa 31-3-2021 di tengah-tengah patroli operasi Garda Hiu-21 dibawah Komando Guspurla Koarmada II, dirilis Situs TNI AL.

Kapal J.S Elcano merupakan kapal tiang tinggi terbesar ke-3 di dunia yang diresmikan tahun 1928 dan saat ini masih dioperasikan untuk melatih ilmu kepelautan kadet-kadet Angkatan Laut Spanyol.

KRI Hasan Basri-382 Sambut Kapal Latih Angkatan Laut Spanyol

Komandan KRI Hasan Basri-382 Letkol Laut (P) Hafidz mengatakan bahwa :

  1. Ditengah pelayaran menuju Jakarta dari Tidore saat melintas di laut Sulawesi ditengah kapal J.S Elcano berpapasan dengan KRI HBS-382 dan dilaksanakan passing dan komunikasi untuk menyampaikan ucapan selamat datang di Perairan Indonesia.
  2. Menginformasikan bahwa KRI HBS-382 sedang melaksanakan patroli untuk menjaga kedaulatan dan keamanan maritim Indonesia.
  3. Siap sedia untuk memberikan bantuan apabila J.S. Elcano memiliki permasalahan selama transit di wilayah perairan Indonesia.
  4. Hal ini merupakan salah satu pengaplikasian fungsi diplomatis TNI AL selain muhibah dan partisipasi di regional/multilateral exercise.
  5. Sementara itu komandan J.S. Elcano secara langsung juga menyampaikan apresiasi yang sangat besar dan mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat dari TNI AL dalam hal ini KRI Hasan Basri-382.

Sementara itu di tempat terpisah, Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Raharjo, M.Tr(Han) mengatakan bahwa penyambutan dan pengamanan kepada kapal-kapal perang asing yang melintas di ZEEI merupakan :

  1. Bentuk pembinaan hubungan diplomasi dengan negara-negara lain.
  2. Sekaligus melaksanakan perintah Panglima Koarmada II Laksda TNI I N.G Sudhihartawan.

Tinggalkan komentar