Pustekbang LAPAN Uji Terbang LSU-02 VTOL Hybrid

JakartaGreater   – Pusat Teknologi Penerbangan – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional/ Pustekbang LAPAN pada tanggal 9 Februari hingga 12 Februari 2021 telah melakukan uji terbang LSU-02 VTOL Hybrid di Pamengpeuk, Garut, Jawa Barat, dirilis laman facebook Pustekbang LAPAN.

Pustekbang LAPAN Uji Terbang LSU-02 VTOL Hybrid. (@ Pustekbang LAPAN)

Tahapan yang ditempuh antara lain :

i) asembly komponen airframe LSU-02 VTOL
ii) penimbangan pesawat dengan komposisi berbeda
iii) uji ketahanan (endurance) baterai VTOL dengan cara Hovering selama 2 menit 38 detik
iv) uji terbang auto take-off and landing (Hovering)
v) integrasi kompartemen pada pesawat
vi) pengujian dropping kompartemen, dan yang terakhir dilanjutkan kegiatan
vii) training pengoperasian pesawat.

Pustekbang LAPAN Uji Terbang LSU-02 VTOL Hybrid. (@ Pustekbang LAPAN)

Hasilnya adalah :

1) Platform pesawat basic LSU-02 VTOL telah dapat diterbangkan secara penuh (full flight profile) dengan kendali otomatis (autonomous mode).

2) Kapasitas penuh dari tangki bahan bakar pesawat adalah 3.8 liter, jadi estimasi (acuan kecepatan cruise 26 m/s) total endurance pesawat adalah 3 jam dan total range 280 km.

Pustekbang LAPAN Uji Terbang LSU-02 VTOL Hybrid. (@ Pustekbang LAPAN)

3) Parameter diatas dapat dijadikan acuan untuk menentukan safety factor dari Endurance dan Range pesawat ketika sudah terpasang sistem kargo karena berat pesawat + sistem kargo adalah 20 kg sehingga jika diisi bahan bakar dengan kapasistas maksimum (3.8 ltr) maka berat nya menjadi 23 kg. Penambahan berat Take-Off Weight ini dengan memperhatikan beberapa hal yaitu terkait dengan kekuatan struktur sayap, kecepatan stall pesawat, dan konsumsi daya sistem VTOL serta kapasitas baterainya.