123 Taruna AAL Diberangkatkan Sambut Kapal Latih Spanyol

JakartaGreater  –  Sebanyak 123 Taruna AAL yang terdiri dari 81 Taruna TK III dan 42 Taruna TK II Onboard di KRI Bima Suci untuk melaksanakn Sailing in Company menyambut kedatangan Kapal Latih Angkatan Laut Spanyol, Juan Sebastian Elcano yang dilepas  pada Senin 5-4-2021 di Dermaga Semampir, Koarmada ll, Ujung, Surabaya, dirilis Situs TNI AL.

Pelayaran KRI Bima Suci tersebut diawali dengan :

  1. Percobaan alarm-alarm dan gauk.
  2. Laporan Palaksa KRI Bima Suci kepada Komandan KRI Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr.Hanla bahwa KRI siap berlayar dan bertempur.

Setelah Laporan Palaksa bahwa KRI Bima Suci siap berlayar dan bertempur, maka dilaksanakan sebagai berikut :

  1. Pelepasan tali tros dan spring oleh tim merplug.
  2. Dilanjutkan peran parade roll yang diiringi dengan GS Alur.
  3. Peran parade.
  4. Penghormatan tim merplug.
  5. Peran pemanduan kapal siap berlayar.

Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr. Hanla., mengatakan bahwa :

  1. Penyambutan Kapal Latih Angkatan Laut Spanyol tersebut, rencana akan dilaksanakan disekitar perairan Masalembo, Laut Jawa dengan sailing pas.
  2. Beberapa serial latihan diantaranya parade rool, passing, flashek dan fleghoist.
  3. Kapal Latih Angkatan Laut Spanyol yang datang berkunjung, merupakan kapal replika untuk memperingati sejarah 500 tahun Ekspedisi Keliling Dunia Magellan dan Elcano.

Dalam ekspedisi tersebut, kapal AL Spanyol tersebut tercatat telah melewati 25 Kota dari 20 Negara di Dunia yang merupakan jalur Magelhaens, dan Tidore adalah satu-satunya kota di Indonesia yang berada dalam forum Global Network Magellan Cities (GMNC).

Tinggalkan komentar