Fregat Terbaru Rusia Latihan Penembakan Sasaran Pesisir

Sevastopol, JakartaGreater  РFregat Admiral Essen melakukan penembakan artileri di Laut Hitam, dan berhasil menghantam sasaran pesisir pada jarak yang telah ditentukan di latihan di Krimea, ungkap kantor pers Armada Laut Hitam, pada hari Kamis 8-4-2021, dirlis TASS.

Awak fregat Armada Laut Hitam Admiral Essen melakukan penembakan artileri persiapan dan kualifikasi ke sasaran pesisir yang terletak di tempat pelatihan Opuk di Semenanjung Krimea.

Penembakan terhadap sasaran pesisir dilakukan sebagai bagian dari pemeriksaan terakhir pasukan Armada Laut Hitam, untuk periode pelatihan musim dingin, “kata kantor pers dalam sebuah pernyataan.

Pada tahap pertama penembakan, unit artileri fregat mempraktikkan algoritma operasi. Pada tahap kedua, personel artileri melakukan penembakan persiapan dari senjata A-190 ke sasaran pesisir, kata pernyataan itu.

“Sebagai bagian dari penembakan artileri kualifikasi, personel berhasil mengenai target pantai yang terlihat dan objek tak terlihat, dengan menggunakan data navigasi dan titik bidik tambahan,” ujar kantor pers, mencatat bahwa pada tahap berikutnya awak fregat Admiral Essen akan dinilai dalam melakukan latihan gabungan dengan pesawat tempur angkatan laut Armada Laut Hitam untuk menangkis serangan udara musuh.

Fregat Admiral Essen mewakili seri baru kapal angkatan laut Project 11356R / M (atau Project 11357). Fregat ini dirancang untuk menghancurkan kapal permukaan musuh, kapal selam, instalasi darat, melakukan patroli dan mempertahankan jalur laut.

Fregat Proyek ini dipersenjatai dengan delapan peluncur Rudal jelajah Kalibr-NK yang mampu menyerang target permukaan, pesisir dan bawah air pada jarak hingga 2.600 km.

Kapal perang Proyek ini juga dipersenjatai dengan sistem Rudal dan artileri pertahanan udara Shtil-1, Palash dan AK-630M, senjata artileri serbaguna A-190 100mm, tabung torpedo, dan peluncur roket RBU-6000.

Fregat juga memiliki landasan lepas landas dan pendaratan serta hanggar untuk helikopter perang anti-kapal selam (Ka-27 atau Ka-31).

File : Fregat Admiral Essen. (@Russia MoD)