Divif 2 Kostrad Bantu Korban Bencana Gempa Bumi di Kab. Malang

JakartaGreater   –    Tim Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Alam (Satgas Gulbencal) Divif 2 Kostrad, dalam rangka membantu penanggulangan bencana alam gempa bumi, bergerak cepat membantu evakusi korban bencana alam gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo (M) 6,7 SR pada Selasa 13-4-2021 yang melanda Kab. Malang beberapa waktu lalu, dirilis Penkostrad pada Rabu 14-4-2021.

Bantuan terhadap bencana tersebut merupakan bentuk kepedulian TNI dalam misi kemanusiaan dan juga merupakan bagian dari tugas pokok TNI sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia Pasal 7 Ayat 2, di antaranya melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Divif 2 Kostrad saat ini telah mengerahkan 300 personel yang terdiri dari :

  1. Personel gabungan Brigif Para Raider 18 Kostrad dan Kikav 8 Kostrad, sebanyak 100 orang ke Koramil 0818/15 Dampit dipimpin Kapten Inf Koriq.
  2.  Dua Satuan Setingkat Kompi (SSK) Yonarhanud 2 Kostrad ke Koramil 0818/30 Tirtoyudo dipimpin langsung Danyon Arhanud 2 Kostrad Mayor Arh Agus Nur Fujianto.

Pangdivif 2 Kostrad Brigjen TNI Andi Muhammad, S.H, mengatakan:

  1. Bahwa bencana alam yang terjadi di Kab. Malang membutuhkan respon cepat dari seluruh unsur yang terkait dalam penanggulangan bencana.
  2. Sebagai bagian dari satuan yang selalu siap ditugaskan pada setiap penanganan bencana, Divif 2 Kostrad mengirimkan prajurit-prajurit terbaik untuk memberikan bantuan kepada seluruh korban bencana alam gempa bumi.
  3. Sasaran penyelenggaraan dukungan TNI di wilayah bencana, diantaranya terwujudnya rasa aman bagi para pengungsi dan korban di wilayah terdampak bencana alam.
  4. Mewujudkan rehabilitasi wilayah pasca bencana alam serta terwujudnya kemanunggalan TNI-rakyat dalam rangka menangani masalah akibat bencana alam dan sosial kemanusiaan.