US ARMY dan Kostrad Persiapkan Latihan Pengoperasian Peralatan Battle Night

JakartaGreater   –  Tim US Army dipimpin Kapten Charles Leshaun Smith bersama 9 orang personel Angkatan Darat Amerika Serikat berkunjung ke Markas Brigif Raider 13 Kostrad, di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada Minggu 18-4-2021, untuk mempererat kerja sama dan hubungan bilateral antara US Army dan TNI AD.

Kunjungan ini dalam rangka kegiatan Mobile Training Team (MTT) Security Force Assistance Brigade (SFAB) yang melibatkan 7 Batalyon Kostrad termasuk didalamnya satuan jajaran Brigif Raider 13 Kostrad yaitu Yonif Raider 303 Kostrad dan Yonif Raider 321 Kostrad, dirilis Penkostrad, Selasa 20-4-2021.

Kegiatan SFAB ditujukan untuk jajaran personel Infanteri yang langsung di bawah Kostrad dengan tujuan untuk menambah wawasan dalam setiap interaksi yang dilakukan baik dengan olahraga bersama serta mencoba mengoperasikan alat-alat yang dibawa untuk Battle Night.

Kedatangan para tim MTT Security Force Assistance Brigade (SFAB) US Army ini diawali dengan penerimaan di Markas Brigif Raider 13/1 Kostrad sebelum menuju Batalyon yang akan melaksanakan kegiatan Mobile Training Team (MTT) Security Force Assistance Brigade (SFAB) yaitu Yonif Raider 303 Kostrad dan Yonif Raider 321 Kostrad.

Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) Raider 13 Kostrad Letkol Inf Herry Purwanto, S. Sos mengatakan :

    1. Ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Kapten Charles Leshaun Smith beserta rombongan atas kunjungan kerjanya ke Mabrigif Raider 13 Kostrad.
    2. Selaku bagian dari TNI AD, Brigif Raider 13 Kostrad bersama satuan jajarannya memiliki peran strategis dalam menjaga serta mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    3. Di hadapkan tugas yang berat itu kami senantiasa akan terus meningkatkan profesionalitas dan kualitas keprajuritan melalui peningkatan program pendidikan dan latihan.
    4. Besar harapan saya, dengan dilaksanakannya kegiatan ini bisa menambah wawasan prajurit kami baik dalam berinteraksi maupun pengoperasian alat tempur untuk menghadapi tugas kedepan yang lebih berat.

Kapten Charles Leshaun Smith dari US Army mengatakan :

  1. Kami merasa bangga bisa berkunjung ke Markas Brigif Raider 13/1 Kostrad serta mengucapkan banyak terima kasih atas sambutan yang telah diberikan.
  2. Kami yakin dan optimis kegiatan MTT SFAB ini selain menambah wawasan di bidang militer juga bisa menambah hubungan baik antara kedua negara.

Sejumlah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam kunjungan ini antara lain: pemutaran video profil satuan, Base Orientation dan Culture Day.