Ketegangan dengan NATO Meningkat, 20 Kapal Perang Rusia Latihan Gabungan

Sevastopol, JakartaGreater   –  Lebih dari 20 kapal perang Armada Laut Hitam Rusia mengadakan latihan bersama dengan pesawat Su-25SM3 dari Angkatan Udara dan Angkatan Darat Pertahanan Udara Distrik Militer Selatan, sebagai bagian dari inspeksi final kekuatan Armada Laut Hitam selama periode pelatihan musim dingin.

“Armada Angkatan Laut yang terdiri dari fregat Admiral Makarov dan Admiral Essen, korvet Rudal Graivoron dan Vyshny Volochyok serta kapal Rudal, kapal perang anti-kapal selam kecil dan kapal serbu amfibi besar mengadakan latihan untuk menghalau serangan udara musuh, praktik penggunakan senjata aktif, latihan mengatasi gangguan radio-elektronik dan mengoperasikan kemampuan pertahanan udara, “kata kantor pers dalam sebuah pernyataan, dirilis TASS, 20 April 2021.

Dalam pernyataan tersebut dikatakan, “tiga skadron pesawat serang dari Distrik Militer Selatan mengadakan latihan untuk mendapatkan posisi serang, menggunakan senjata Rudal untuk melawan dan menghindari serangan balasan dari sistem pertahanan udara di kapal.”

Pilot melakukan penerbangan pada ketinggian yang sangat rendah dalam kondisi cuaca yang kompleks. Latihan ini diadakan sesuai dengan rencana pemeriksaan terakhir pasukan Armada Laut Hitam untuk periode pelatihan musim dingin di bawah desain taktis umum inspeksi kendali Distrik Militer Selatan, “jelas kantor pers.

Sebelumnya, lebih dari 50 pesawat dari Distrik Militer Selatan dikirim kembali ke Krimea sebagai bagian dari pemeriksaan kesiapan kontrol tempur.

Ketegangan dengan NATO meningkat

Ketengangan di Perbatasan Ukraina dan Rusia membuat London telah memberi tahu Ankara tentang perjalanan kapal perangnya yang akan melintasi selat Bosphorus menuju Laut Hitam pada awal Mei 2021, ungkap sumber diplomatik dari Turki kepada Sputniknews.com pada hari Senin 19 April 2021.

“Kami telah menerima pemberitahuan dari Inggris tentang perjalanan kapal perang merek melalui Bosphorus, yang dijadwalkan pada minggu pertama Mei 2021,” kata sumber itu.

Pekan lalu, media Inggris melaporkan bahwa kapal destroyer dan fregat anti-kapal selam Angkatan Laut Kerajaan Inggris akan memasuki Laut Hitam pada awal Mei 2021 sebagai tanda solidaritas terhadap Ukraina di tengah situasi ketegangan di perbatasan Rusia-Ukraina.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan kepada The Sunday Times bahwa Inggris dan sekutunya “tak tergoyahkan dalam dukungannya untuk kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina” dan meminta Rusia untuk menurunkan ketegangan.

Pada tanggal 14 April 2021, departemen navigasi dan oseanografi Kementerian Pertahanan Rusia merilis berita yang menyatakan bahwa dari tanggal 24 April hingga 31 Oktober 2021 tidak akan ada jalur pelayaran melalui laut teritorial Rusia untuk kapal perang asing dan kapal negara lainnya di tiga wilayah perairan Laut Hitam.

Buletin tersebut mencatat bahwa zona yang direncanakan untuk ditutup tidak akan menghalangi navigasi melalui Selat Kerch dan terletak di dalam perairan teritorial Rusia.

*Foto: Kapal-kapal armada Kaspia latihan tembakan artileri di laut lepas sebagai bagian dari pemeriksaan kendali selama periode pelatihan musim dingin, 18 April 2021. (@Russia MoD).

Satu pemikiran pada “Ketegangan dengan NATO Meningkat, 20 Kapal Perang Rusia Latihan Gabungan”