KRI Nanggala-402 Berstatus On Eternal Patrol

Militer – Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo mewakili Pangkoarmada II Laksda TNi I N.G. Sudihartawan memimpin Apel Khusus Satgas SAR KRI Nanggala-402 di Laut Bali pada Senin, 26 April 2021.

KRI Nanggala-402 merupakan kapal selam TNI AL dari jajaran Satuan Kapal Selam Koarmada II yang tenggelam di dasar laut Bali pada kedalaman 840 meter. Dalam kejadian itu sebanyak 53 prajurit terbaik Hiu Kencana telah gugur dalam melaksanakan tugas bersama KRI Nanggala-402.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Danguspurla Koarmada II, Laksda Sudihartawan mengatakan, sejalan dengan ditetapkannya status KRI Nanggala-402 menjadi On Eternal Patrol atau berpatroli untuk selamanya, penyelenggaraan operasi Search and Rescue (SAR) KRI Nanggala-402 akan tetap kita lanjutkan, dirilis Pen Koarmada II.

Laksda Sudihartawan menambahkan, penyelenggaraan operasi SAR saat ini telah melibatkan unsur-unsur dari instansi pemerintah dan negara sahabat. Oleh karena itu seluruh daya upaya harus diberikan untuk memperoleh hasil yang terbaik.

Laksda Sudihartawan juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas usaha keras seluruh prajurit dan unsur yang terlibat dalam melaksanakan tugas dan mengajak untuk selalu berdoa agar diberikan kekuatan dan ketabahan dalam melaksanakan pencarian KRI Nanggala-402.