Kenaikan Pangkat dan Tanda Kehormatan RI untuk Prajurit KRI Nanggala-402

Pangkat 1 e1619702395411

JakartaGreater – Prajurit KRI Nanggala-402 yang gugur dalam tugas di utara Perairan Bali, dinaikan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi dan dianugerahi Tanda Kehormatan RI Bintang Jalasena Nararya dalam sebuah Upacara Militer dipimpin Menhan RI Prabowo Subianto pada, Kamis 29-4-2021 di Hanggar 2 Bandara Juanda, Jawa Timur.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M serta para perwira tinggi dan para pejabat TNI-Polri, meghadiri acara penganugerahan pemberian tanda kehormatan dan kenaikan pangkat ini.

Penganugerahan tanda kehormatan dan kenaikan pangkat ini berdasarkan Keppres RI No 26/TK/Tahun 2021 tentang penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Jalasena Nararya, Keppres RI No 39/TNI/ Tahun 2021 tentang kenaikan pangkat luar biasa operasi selain perang anumerta, Kepmenhan RI No 466/IV/2021 tentang pemberian kenaikan pangkat anumerta dan Kep Panglima TNI Nomor Kep 341/IV/2021 tentang penetapan kenaikan pangkat luar biasa operasi militer selain perang anumerta.

Menhan Prabowo Subianto dalam sambutannya mengatakan bangsa Indonesia tengah dilanda musibah yang mengejutkan semua pihak atas peristiwa tenggelamnya KRI Nanggala-402. Gugurnya 53 awak kapal di medan latihan telah membawa duka yang sangat mendalam bagi keluarga Hiu Kencana, Keluarga Besar TNI AL, dan seluruh rakyat Indonesia.

Menhan RI Prabowo Subianto mengucapkan,  “untuk itu atas nama pemerintah Republik Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan duka cita atas gugurnya 53 prajurit terbaik TNI AL dalam melaksanakan tugas diperairan utara Pulau Bali”, dirilis Dispenal.

Lebih lanjut Menhan RI Prabowo Subianto mengungkapkan bahwa kru KRI Nanggala-402 telah menjaga kedaulatan negara dan bangsa di samudera Indonesia. Pengorbanan para prajurit tersebut tidak sia-sia dan para keluarga yang ditinggalkan patut merasa bangga atas pengorbanan yang besar tersebut. Menhan juga berharap agar semua keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan, tegar menghadapi musibah ini dengan ikhlas.

Sementara itu Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, pada kesempatan ini juga mengatakan tentang hak-hak sebagai Jalasenastri dan jaminan pendidikan putra-putri dari keluarga KRI Nanggala, tentunya pimpinan TNI AL akan memperhatikan kelangsungan masa depan anak-anak baik kehidupan dan pendidikannya.

Usai upacara pemberian tanda kehormatan Bintang Jalasena Nararya dan kenaikan pangkat kepada keluarga awak KRI Nanggala-402 dilanjutkan pemberian tali asih dari Kasal, Asabri dan mitra, Bank Mandiri, Bank BRI, PT Sido Muncul dan PLN. Esok hari direncanakan akan dilaksanakan tabur bunga oleh Kasal dan keluarga ABK KRI Nanggala-402 di perairan Selat Bali tempat terjadinya musibah.

Leave a Reply