Varian Kamov Ka-52 untuk Intai Serang dan Operasi Amfibi

Alutsista – Salah satu Alutsista andalan Rusia yang dipamerkan pada Parade Victory Day di Moskow, Minggu, 9-5-2021, adalah helikopter serang Kamov Ka-52 ‘Alligator’. Helikopter ini diterbangkan bersama helikopter Mi-28N ‘Night Hunter’ dan Mi-35 Golden Eagles.

Kementerian Pertahanan Rusia terus mengembangkan varian dari helikopter Kamov Ka-52, dengan munculnya Kamov Ka-52K yang dirancang untuk berpartisipasi dalam pertahanan anti-amfibi, termasuk penghancuran kapal permukaan, tank, peralatan militer lapis baja dan non-lapis baja, pasukan dan helikopter musuh, untuk menyelesaikan tugas dukungan tembakan untuk pasukan penyerang saat mendarat di pantai juga.

Helikopter Kamov Ka-52K.(@Rosoboronexport)

Helikopter penyerang tempur berbasis kapal Kamov Ka-52K ,ditujukan untuk menyediakan pengintaian target dan distribusi target.

Desain rotor koaksial Ka-52K menunjukkan karakteristik penerbangan yang unik dan kuat, dengan kemampuan ceiling terbang ke atas langit hingga 5500 meter dan mampu melakukan hovering ceiling (stasioner di tempat pada ketinggian 4000 meter.

Pengoperasian helikopter ini di geladak kapal menjadi lebih mudah karena mekanisme pelipatan bilah, tidak adanya rotor ekor dan mekanisme poros bagian konsol sayap.

Helikopter tempur Kamov Ka-52M

Helikopter tempur Kamov Ka-52M mulai diupgrade pada tahun 2020 dan akan dipersenjatai dengan Rudal jelajah jarak jauh. Helikopter terbaru Kamov Ka-52M akan menyelesaikan uji coba pada Oktober 2022, ungkap TASS.

Pada upgrade terbaru itu, helikopter Ka-52 akan dilengkapi Rudal jelajah jarak jauh yang baru dengan nama kode ‘item 305’. Rudal itu sebelumnya sudah melengkapi helikopter tempur Mi-28NM.

Selain itu helikopter yang diupgrade akan mendapatkan interface device untuk Rudal jelajah baru, peluncur udara dan radio link untuk menggunakan Rudal.

Helikopter Kamov Ka-52 (@Russia MoD)

Helikopter yang ditingkatkan juga akan dilengkapi dengan sistem round-the-clock sight system, sistem komunikasi dan pertukaran data terkini, peralatan navigasi satelit, dan perangkat lainnya.

Target uji penerbangan dua helikopter pertama dilakukan akhir bulan Mei 2021.

Sumber TASS melaporkan pada bulan Februari bahwa upgrade akan memungkinkan Ka-52M untuk membawa Rudal jelajah udara ‘item 305? terbaru dengan jangkauan serang hingga 100 km. Sumber lain dari industri pertahanan mengatakan kepada TASS pada Maret 2019, rudal udara terbaru ‘item 305’ sedang menjalani uji coba menggunakan helikopter Mi-28NM di lingkungan perang nyata di Suriah.

Helikopter Kamov Ka-52 (@Russia MoD)

CEO Grup Helikopter Rusia Andrei Boginsky menentukan pada saat itu bahwa para insinyur sudah memperhitungkan pengalaman tempur Suriah dalam mengembangkan senjata dan versi yang ditingkatkan akan mendapatkan deteksi target baru dan sistem identifikasi dan senjata jarak jauh.

Dengan paket senjatanya, Ka-52M akan distandarisasi dengan varian helikopter Mi. Dibandingkan dengan Ka-52, versi yang ditingkatkan akan mendapatkan peningkatan pada sistem perlindungan, kata kepala eksekutif.

Perjalanan Kamov Ka-52

Tes perdana helikopter tempur Kamov Ka-52 Alligator buatan Rusia yang diproduksi untuk pembeli dari luar negeri dilakukan pada 2017 oleh Russian Helicopters.

Pada bulan Desember 2015, perusahaan induk Russian Helicopters Russia sepakat dengan Mesir untuk mengirimkan 46 unit helikopter serang Kamov Ka-52K yang dirancang untuk dapat diangkut oleh kapal induk helikopter Mistral buatan Perancis.

Helikopter Kamov Ka-52 (@Russia MoD)

Rusia sepakat dengan Mesir untuk mengirimkan 46 unit helikopter pengintai serang Ka-52 Alligator yang sekaligus pengiriman ekspor pertama dari helikopter tersebut dimulai tahun 2017.

Helikopter intai dan tempur Ka-52 Alligator Rusia dirancang untuk menghancurkan tank dan kendaraan lapis baja lainnya. Ka-52 juga mampu untuk melakukan operasi dukungan tembak serta misi pengawalan maupun patroli.

*Foto: Helikopter Kamov Ka-52K. (@EmbassyofRussia)