Lockheed Martin Produksi 128 Pesawat F-16 untuk Klien Luar Negeri

JakartaGreater  РLockheed Martin telah membuka jalur produksi di negara bagian Carolina Selatan untuk pembuatan jet tempur F-16 baru demi memenuhi permintaan baru dari sekutu Amerika Serikat, ungkap Angkatan Udara AS, pada hari Selasa, 18-5-2021, dirilis Sputniknews.com.

“Untuk mendukung meningkatnya permintaan terhadap pesawat tempur F-16 Fighting Falcon baru dari negara mitra, Angkatan Udara AS telah bekerja sama dengan Lockheed Martin Corp, untuk membuka jalur produksi baru untuk membuat pesawat tempur F-16 Block 70/72 di fasilitas perusahaan di Greenville, Carolina Selatan”, kata Dinas Berita Angkatan Udara AS dalam sebuah laporan.

Diluncurkan pada 2019, operasi tersebut sekarang menjadi satu-satunya fasilitas produksi untuk F-16 di dunia. Fasilitas ini dibuka 3 tahun setelah lini pesawat tempur F-16 Lockheed Martin yang lama di Fort Worth, Texas, berhenti berproduksi, kata laporan itu.

“Baru-baru ini, dan atas nama 5 mitra militer asing, Angkatan Udara menganugerahi Lockheed Martin Corp sekitar $ 14 miliar, untuk membangun 128 unit pesawat F-16 di fasilitas itu hingga 2026,” tambah laporan itu.

F-16 pertama diharapkan untuk meluncur dari jalur produksi pada tahun 2022, dan produksi diharapkan meningkat setelah tahun pertama. Pesawat itu kemudian akan dikirim ke negara-negara mitra militer AS, termasuk Bahrain, Slovakia, Bulgaria, Taiwan, dan lainnya, menurut laporan itu.

Foto: Pesawat F-16 (@pixabay).