Rusia Garap Pesawat Tempur Siluman Bermesin Tunggal

Alutsista   – Perusahaan Sukhoi Rusia mulai mengerjakan pembuatan pesawat tempur bermesin tunggal taktis generasi ke-5, yang akan dibangun menggunakan teknologi siluman dan pengembangan pesawat tempur Su-57, ujar sumber di industri konstruksi pesawat Rusia kepada Sputniknews.com, 26-5-2021.

Hingga saat ini, semua pesawat tempur buatan Rusia, termasuk Su-57 yang canggih, dilengkapi dengan 2 mesin.

“Biro desain Sukhoi, atas inisiatif sendiri, melakukan penelitian untuk membuat pesawat tempur bermesin tunggal multiguna ringan dari generasi ke-5,” kata sumber itu.

“Selama pembuatan pesawat itu, direncanakan untuk secara luas menggunakan dasar yang dikembangkan dalam kerangka pembuatan pesawat tempur Su-57, termasuk mesin yang canggih “Produk 30”, pelapis pesawat penyerap radio, peralatan radio-elektronik on-board, juga sistem senjata, “kata sumber itu.

Saat ini, pesawat tempur bermesin tunggal banyak digunakan di dunia. Pesawat yang paling terkenal dan paling diminati di pasar senjata dunia adalah pesawat tempur F-16 dan F-35 Amerika, JAS-39 GRIPEN Swedia, dan J-10 China.

Kehadiran pesawat tempur satu mesin secara signifikan mengurangi biaya dan intensitas tenaga kerja produksi pesawat terbang, dan juga menyederhanakan dan mengurangi biaya operasi dan pemeliharaannya.

*Foto: Pesawat tempur Su-57 Rusia. (@ Russia MoD).

2 pemikiran pada “Rusia Garap Pesawat Tempur Siluman Bermesin Tunggal”