Radar Nebo-M Rusia Diklaim Dapat Deteksi Pesawat Siluman F-22, F-35

Nizhny Novgorod, JakartaGreater –  Radar Nebo-M Rusia dapat mendeteksi pesawat canggih, termasuk F-22 Raptor dan F-35 Lightning II dari Amerika Serikat, ujar Direktur Jenderal Almaz-Antey Yan Novikov.

“Radar Nebo-M adalah ancaman dari teknologi siluman. Radar Nebo-M dapat melihat pesawat tempur F-22, F-35 dan sebagainya dengan sangat baik,” kata Novikov dalam sesi New Knowledge educational marathon pada Sabtu 22-5-2021, dirilis TASS pada Minggu 23-5-2021.

Pejabat itu melanjutkan dengan mengatakan bahwa Almaz-Antey, sebagai pengembang dan pembuat sistem pertahanan dirgantara Rusia, memberikan perhatian serius pada berbagai proyek dan teknologi radar.

Radar Nebo-M dan Kontainer adalah tulang punggung dari bidang radar di sepanjang perbatasan darat Rusia. Radar terbaru dipasok ke unit yang dikerahkan ke arah paling berbahaya. Serial pertama Nebo-M dikirim ke Distrik Militer Barat pada 2017.

Radar Nebo-M kemudian dikirim ke resimen di wilayah Transbaikalia, Khabarovsk, dan Primorye. Radar dikirim ke pertahanan udara Krimea pada 2018. Mobile Nebo-M dapat digunakan kembali dengan cepat melalui darat atau pengangkut udara.

Nebo-M dapat mendeteksi pesawat dan Rudal Balistik pada jarak 1.000 kilometer. Target udara dan hipersonik terdeteksi pada 600 km, 2 kali lipat di atas jangkauan generasi sebelumnya. Teknologi siluman tidak menimbulkan masalah bagi radar baru.

Selain Nebo-M, radar Kontainer stasioner di atas cakrawala juga mengawasi penerbangan tempur yang dekat dengan perbatasan Rusia. Mereka dapat mendeteksi target pada jarak 2000 km.

*Foto: 55 Zh6M Nebo-M mobile multiband radar system. (@commons.wikimedia)

Satu pemikiran pada “Radar Nebo-M Rusia Diklaim Dapat Deteksi Pesawat Siluman F-22, F-35”