Sistem Pertahanan Mistral TNI Tembak Banshee di Malam Hari

Alutsista – Rudal mistral MPCV (Multi Purpose Combat Vehicle) Pussenarhanud TNI berhasil melakukan penembakan malam hari, dengan sasaran 2 pesawat Banshee, yang ditembak jatuh pada Kamis, 3-6-2021, dirilis Pen Pusdikarhanud.

Sebelumnya, satbak Rudal mistral MPCV (Multi Purpose Combat Vehicle) juga berhasil menembak jatuh sasaran udara (Areal Target) Banshee secara direct hit pada Latihan Penembakan Senjata Berat Terintegrasi Arhanud tahun 2021, di Lumajang, Jawa Timur, 2-6-2021.

Areal Target Banshee

Pesawat Banshee biasanya digunakan untuk mewakili ancaman yang ditimbulkan oleh alutsista seperti: UAV, pesawat musuh, dan senjata ancaman udara umum.

Varian Banshee digunakan untuk menguji efektivitas dan kesiapan operasional sistem senjata antara lain:

Rudal Udara-ke-Udara, Rudal Darat, MANPAD, Rudal Permukaan-ke-Udara, Sistem Senjata dan Meriam.

Banshee Whirlwind didukung oleh mesin yang dipasang di belakang. Pesawat ini dilengkapi dengan autopilot digital, telemetri, GPS, dan sistem navigasi titik arah kami sendiri untuk memberikan profil penerbangan yang akurat dan andal hingga jarak lebih dari 100 km.

Hingga 4 kendaraan dapat dioperasikan secara bersamaan dari satu stasiun kontrol darat ketika Banshee terbang dalam mode otonom.

Penerbangan ke ketinggian lebih dari 7.000 m meter dapat dicapai dengan Banshee, sementara penambahan altimeter radar memungkinkan target untuk mencapai penerbangan terkontrol yang andal ke ketinggian serendah 5 meter.