Menhan RI Terima Kunjungan Kehormatan Perwakilan Tinggi Uni Eropa

JakartaGreater   –  Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan High Representative of the Union for Foreign Affairs and Security Policy European Union (Perwakilan Tinggi Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Uni Eropa), H.E. Josep Borrell Fontelles, pada Kamis 3-6-2021 di Kementerian Pertahanan, Jakarta, dirilis Situs Kemhan RI.

H.E. Josep Borrell Fontelles berkunjung kepada Menhan RI tersebut adalah bagian dari rangkaian kunjungannya di Indonesia, yang juga dijadwalkan berkunjung kepada Presiden RI Joko Widodo, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid.

Tujuan dari Kunjungan Kehormatan dari H.E. Josep Borrell Fontelles tersebut, adalah sebagai upaya memperdalam hubungan kerja sama dengan Indonesia sebagai salah satu mitra penting Uni Eropa, terlebih Indonesia dinilai sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia, yang memiliki peranan penting dalam konteks kerjasama Uni Eropa dengan ASEAN dan Indo-Pasifik.

H.E. Josep Borrell Fontelles menyampaikan Kepada Menhan Prabowo Subianto , bahwa keinginan Uni Eropa untuk lebih meningkatkan kerja sama bidang pertahanan dengan Indonesia seperti halnya latihan multilateral Komodo Exercise dan Atlanta yang telah dilaksanakan selama ini.

Selanjutnya H.E. Josep Borrell Fontelles menyampaikan, bahwa Uni Eropa juga berkeinginan untuk menjadi observer dalam pertemuan Menhan tingkat ASEAN (ADMM/ADMM Plus) karena sejalan dengan pandangan Uni Eropa sebagai salah satu upaya meningkatkan security community yang saling berkaitan dan melengkapi dalam komunitas besar dunia (Interlink dan Intertwined).

Turut mendampingi Menhan Prabowo Subianto pada pertemuan itu, Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan T., M.D.S., dan Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Dr. ror. pol. Rodon Pedrason, M.A.