Rusia: Tembakan Balasan Tentara Suriah Tewaskan Puluhan Gerilyawan

Moskow, JakartaGreater   –  Seorang tentara Suriah tewas dan 2 orang lagi terluka dalam serangan kelompok sabotase di wilayah Idlib, Suriah. Sementara hingga 70 gerilyawan dihancurkan dalam tembakan balasan, ujar Vadim Kulit, Wakil kepala Pusat Rekonsiliasi Rusia dari Pihak-pihak yang Berlawanan di Suriah, pada hari Sabtu 5-6-2021, dirilis TASS.

“Di bagian Selatan zona de-eskalasi Idlib, kelompok sabotase gerilyawan menyerang pasukan pemerintah Republik Arab Suriah dekat Rwayha di provinsi Idlib. Dalam serangan itu, 1 orang tentara Suriah tewas dan 2 orang lagi terluka. Hingga 70 orang gerilyawan tewas, dalam tembakan balasan pasukan pemerintah,” katanya.

Menurut pejabat tersebut, 39 episode penembakan terjadi di zona de-eskalasi Idlib oleh kelompok teroris Jabhat al-Nusra (dilarang di Rusia). Dari jumlah tersebut, 21 insiden dilaporkan di provinsi Idlib, 12  di provinsi Latakia, 3 di provinsi Aleppo dan 3 lagi di provinsi Hama.

Tidak ada penembakan oleh kelompok bersenjata ilegal yang dikendalikan Turki yang tercatat, tambah Vadim Kulit.

Pusat rekonsiliasi Rusia terus memenuhi tugas yang diberikan setelah selesainya kampanye militer di Suriah. Petugas pusat secara teratur melakukan perjalanan di sekitar wilayah negara yang dibebaskan untuk menilai situasi kemanusiaan.

Upaya utama militer Rusia kini difokuskan pada bantuan kepada para pengungsi yang kembali ke rumah mereka dan evakuasi warga sipil dari zona de-eskalasi.

*Foto: Dok. Tank pasukan Suriah di idlib. (@Tasnimnews.com)