Fincantieri Bantu Daewoo Mendesain Kapal Induk Korea Selatan

Alutsista – Dalam Pameran Industri Pertahanan Maritim Internasional MADEX 2021, di Busan, Korea Selatan perusahaan Fincantieri telah menandatangani kontrak dengan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) untuk mendukung Desain Konseptual kapal induk kelas baru “CVX” untuk Angkatan Laut Republik Korea (Korea Selatan).

Program yang berkaitan dengan unit first-in-class merencanakan tender untuk Basic Design mulai paruh kedua tahun 2021, sedangkan detail design dan konstruksi akan dimulai pada tahun-tahun berikutnya.

Penandatanganan dilakukan antara Jung Woo Sung, Vice President Naval & Special Ship Marketing Division DSME, dan Marco Cerruti, Regional Sales Manager Fincantieri, di hadapan Federico Failla, Duta Besar Italia di Seoul, Vice Admiral Dario Giacomin, Deputy Defense General Sekretaris – Wakil Direktur Persenjataan Nasional, dan Laksamana Muda Antonio Natale, Penasihat Kepala Staf Angkatan Laut Italia, ungkap Fincantieri.com, 10 Juni 2021.

Fincantieri Bantu Daewoo Mendesain Kapal Induk Korea Selatan. (@Fincantieri)

Fincantieri akan memberi saran kepada DSME berdasarkan keahlian yang dimiliki dalam pembangunan LHD (Landing Helicopter Dock) “Trieste”, yang akan dikirimkan tahun depan ke Angkatan Laut Italia.

Dengan perjanjian ini, Fincantieri memperkuat kehadirannya di negara itu, semakin meningkatkan hubungan dengan Republik Korea. Bahkan, melalui anak perusahaannya Seastema, Grup bekerja sama dalam pembangunan delapan fregat kelas Daegu (FFX-II) baru untuk Angkatan Laut nasional, menyediakan SEASNavy, sistem manajemen platform terintegrasi (IPMS) yang inovatif.

Penandatanganan kontrak ini menandai langkah penting Grup dalam menjalin kerjasama strategis dengan DSME. Di negara dengan kemampuan pembuatan kapal angkatan laut yang tinggi, kerja sama semacam itu mungkin menyediakan pasokan yang signifikan untuk unit ini dan mungkin diperluas ke produk atau sektor lain di masa depan.

Desain unit “Trieste” mewakili kecanggihan kapal kelas ini, selain menjadi produk yang telah terbukti sepenuhnya memenuhi persyaratan operasional Angkatan Laut Korea. Dengan LHD, Fincantieri telah membuktikan kemampuannya untuk merancang dan membangun unit yang sangat inovatif yang mewakili tolok ukur dalam skenario internasional.

Kapal induk/ LHD Trieste (@Fincantieri)

LHD TRIESTE Class

Kapal induk /Landing Helicopter Dock LHD Trieste dirancang oleh Fincantieri untuk militer Italia demi memastikan koneksi darat – udara – laut yang sangat efisien.

LHD Trieste dapat membawa batalion pasukan pendaratan yang lengkap: LHD Trieste adalah Kapal Angkutan Amfibi dengan dek tembus untuk operasi helikopter dan dek garasi panjang penuh, setelah sebagian dapat dikonversi di dermaga dengan LCM sendiri. Selama masa damai, kapal-kapal tersebut mengkonfirmasi kemampuan luar biasa mereka dalam bantuan bencana, operasi kemanusiaan dan SAR.

LHD Trieste yang berbobot 33.000 ton memiliki panjang 245 meter, lebar flight deck 36 meter, melaju dengan kecepatan maksimal 25 knots atau 46,3 km/jam atau dengan kecepatan jelajah 16 knots atau 29,6 km/jam. LHD ini memiliki kemampuan jelajah 7.000 nautical mile atau 12.964 km dengan daya tahan 30 hari tanpa isi ulang perbekalan, serta mengangkut kru dan personal 1.064 orang.

LHD Trieste dilengkapi persenjataan:

-3 × Oto Melara 76/62 mm Strales anti-aircraft guns.
-3 × Oto Melara Oerlikon KBA 25/80 mm, remotized
-2 x Oto Melara ODLS-20 (decoys launchers)
-FFBNW ( Fitted For But Not With) 2×8-cell SYLVER A50 VLS untuk 16 Aster 15 dan Aster 30 missiles atau 32 CAMM ER missiles.

Kapal induk ini bisa membawa 12 helikopter AgustaWestland AW101 atau kombinasi dengan SH90A, AgustaWestland AW129D dan pesawat tempur F-35B.

Kapal induk ini juga memiliki 1 Sistem pesawat yang dikemudikan dari jarak jauh.

*Foto: Kapal induk/ LHD Trieste . (@Fincantieri).